Share

Apa Itu Siswa Eligible? Ini Syarat dan Kriterianya

Cita Najma Zenitha, · Rabu 25 Januari 2023 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 65 2752607 apa-itu-siswa-eligible-ini-syarat-dan-kriterianya-UPnbEJkBVr.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Apa itu siswa eligible yang banyak dibicarakan oleh pelajar untuk mengikuti SNBP. Pasalnya, hanya siswa eligible yang berkesempatan mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Sebelum berganti nama menjadi SNBP, calon mahasiswa akan mendapat kesempatan mendaftar universitas melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jalur ini memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi untuk menempuh pendidikan lanjutan.

Siswa dapat mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik, PTN Vokasi termasuk Universitas Terbuka dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) favoritnya.

Namun, hanya siswa eligible yang dapat mengikuti seleksi SNBP. Banyak yang bertanya apa itu siswa eligible dan serta masyarakat dan kriterianya. Nah, berikut adalah pengertian apa itu siswa eligible sebenarnya.

Apa itu siswa eligible berasal dari serapan bahasa Inggris yang artinya ‘memenuhi syarat’. Secara istilah siswa eligible adalah siswa yang memenuhi syarat untuk mengikuti SNBP. Mereka dinyatakan layak untuk mengikuti pendaftaran SNBP 2023.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Setelah mengetahui apa itu siswa eligible baiknya ketui syarat dan ketentuan menjadi siswa eligible. Ada beberapa syarat dan kriteria menjadi siswa eligible. Syarat dan ketentuan tidak hanya berasal dari faktor siswa, tetapi ada campur tangan sekolah. Berikut adalah syarat dan kriteria menjadi siswa eligible.

-Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah mempengaruhi kuota siswa eligible yang mengikuti SNBP. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMP) telah menetapkan kriteria siswa eligible berdasarkan akreditasi sekolah, terdiri dari:

1. Sekolah terakreditasi A mendapatkan kuota 40% siswa terbaik di sekolah

2. Sekolah terakreditasi B mendapatkan kuota 25% 3. siswa terbaik di sekolah

3. Sekolah terakreditasi C mendapatkan kuota 5% siswa terbaik di sekolah

Meski sudah mendapatkan jatah kuota, tetapi setiap sekolah tidak dapat langsung mendaftarkan siswanya.

Siswa sekolah terlebih dahulu harus melalui penyaringan nilai akademik pada mata pelajaran tertentu. Hanya siswa dengan nilai akademis dan prestasi terbaik yang dapat menjadi siswa eligible.

-Nilai Mata Pelajaran Tertentu

Mata pelajaran tertentu merupakan syarat dan kriteria menjadi siswa eligible. Untuk itu, sebaiknya penuhi nilai pada mata pelajaran berikut:

-Siswa kelas IPS: mata pelajaran yang digunakan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Geografi, Sosiologi, Bahasa Inggris, dan Ekonomi.

-Siswa kelas IPA: mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia.

-Siswa SMK: nilai mata pelajaran yang dijadikan data yaitu Bahasa Indonesia, Matematika Bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian.

-Siswa kelas Bahasa: menggunakan acuan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Antropologi, Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, serta salah satu pelajaran bahasa asing.

Selain dua syarat diatas, untuk menjadi siswa eligible juga harus memenuhi syarat berikut:

Unggul dan berprestasi dalam bidang akademik.

Menemuni persyaratan dari Perguruan Tinggi Negeri pilihan

Nilai rapor dari semester 1-5 sudah terdaftar di PDSS

Demikian apa itu siswa eligible yang banyak dibicarakan siswa sekolah.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini