Share

Jangan Remehkan Penghasilan Sopir, Kenek dan Pramugari Bus AKAP! Gajinya Lumayan Lho

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Rabu 25 Januari 2023 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 25 86 2752476 jangan-remehkan-penghasilan-sopir-kenek-dan-pramugari-bus-akap-gajinya-lumayan-lho-IEA6vHEqeA.jpeg Ilustrasi pramugari bus. (Foto: Instagram/@transavia.solo)

JAKARTA – Mulai sekarang berhentilah menganggap pekerjaan sebagai sopir, pramugari hingga kenek bus adalah pekerjaan rendahan. Padahal tidak banyak yang tahu jika profesi yang mereka lakoni menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menggiurkan.

Meski menjanjikan, namun tak mudah bekerja di sebuah Perusahaan Otobus (PO) karena setiap perusahaan memiliki standar yang ketat. Wajar saja, mengingat usaha ini merupakan jasa pelayanan yang harus memuaskan penumpang agar kembali menggunakan jasanya.

Pada dasarnya ada perbedaan besaran gaji yang didapat di masing-masing perusahaan otobus. Karena, besarannya bergantung dengan rute yang dilayaninya. Semakin jauh trayeknya, maka bayarannya juga akan jauh lebih tinggi.

“Kalau mereka (sopir, pramugari, kenek) bayarannya bisa harian, mingguan, atau bulanan, tergantung PO-nya. Gajinya juga beda-beda (antara sopir, pramugari, dan kenek). Paling gede itu sopir, bisa sampe Rp250 ribu sekali PP (pulang-pergi),” kata Ari selaku agen Pandawa 87 kepada MNC Portal.

Mantan Direktur Operasional PO Haryanto Rian Mahendra menyebutkan dalam sebuah siaran langsung di akun Instagram pribadinya yang diunggah kembali dikanal YouTube Kang Gacor, pembayaran untuk sopir bus di tempatnya dilakukan dengan cara premi atau sesuai perjalanan.

Untuk PO Haryanto, Rian menjelaskan rata-rata sopir bus di tempatnya mendapatkan Rp250 ribu per PP dengan uang makan Rp40 ribu. Biasanya, dalam satu pekan itu ada tiga sampai empat kali PP, jadi pendapatan mereka adalah Rp3.480.000 sampai Rp4.640.000 per bulan.

“Gaji sopir bus itu tergantung jurusannya, semakin jauh semakin gede. Tapi rata-rata itu Rp250 ribu satu PP, itu pokoknya aja belum termasuk bonus dan lain-lain,” ujar Rian

Bayaran yang diterima memang belum termasuk pendapatan dari paket dan pejualan kursi CD-CB yang biasanya dibagi dua dengan PO. Oleh karena itu, sopir bus bisa mendapatkan gaji hingga dua digit dalam satu bulan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara untuk pramugari dan kenek, biasanya mendapatkan bayaran yang lebih kecil daripada sopir bus. Padahal, tugas mereka cukup berat karena harus melayani penumpang sepanjang perjalanan dan menurunkan barang bawaan penumpang serta paket.

Ifa yang merupakan seorang pramugari PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) mengatakan dirinya senang melakoni profesinya saat ini. Menurutnya, ini merupakan salah satu pekerjaan yang diinginkan banyak orang.

“Sistem gaji pramugari di STJ? Sistem gaji kita itu per PP. Jadi per PP itu Rp150 ribu, ditambah uang makan itu Rp50 ribu,” ujar Ifa, dikutip dalam kanal YouTube Amin Vlog.

Sementara itu dalam unggahan video di kanal YouTube Tony Hardjopawiro dikatakan bahwa kenek PO Sugeng Rahayu mendapatkan gaji Rp4 juta sampai Rp5 juta per bulannya, dengan hitungan per PP mendapatkan antara Rp150-200 ribu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini