Share

20 Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba, Empal Gentong hingga Sate Kentang

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 29 Januari 2023 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 27 301 2754294 20-makanan-khas-cirebon-yang-wajib-dicoba-empal-gentong-hingga-sate-kentang-uuwH8Chz56.jpg Empal gentong. (Instagram @cirebonpunya)

ADA 20 makanan khas Cirebon yang menarik untuk dibahas. Daerah di Jawa Barat ini terkenal punya banyak makanan khas, selain tempat wisata religi yang sering dikunjungi wisatawan.

Makanan Cirebon disukai wisatawan karena cita rasanya yang khas. Berikut sederet makanan khas Cirebon yang wajib dicoba.

1. Ketoprak Cirebonan

Ketoprak identik sebagai makanan khas Jakarta, namun ternyata makanan satu ini juga ada yang khas Cirebon, lho! Olahan ini terkenal sebagai makanan yang memiliki harga sangat murah dengan isian yang beragam. Tak heran cocok sebagai menu sarapan.

2. Empal Gentong

Makanan khas satu ini menjadi salah satu identitas Cirebon sejak dulu. Dalam satu mangkuk empal gentong, berisi banyak empal dengan kaldu sapi yang gurih. Tak heran makanan satu ini kerap kali jadi pilihan untuk sarapan bahkan makan malam.

Ilustrasi

Empal gentong

3. Kerupuk Melarat

Makanan khas yang berbahan dasar kerupuk ini menjadi salah satu buah tangan favorit. Kerupuk melarat dalam sajiannya kerap ditambahi dengan saus kacang yang disiram di atasnya. Cemilan ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Tahu Gejrot Kanoman

Tahu gejrot menjadi makanan khas di Cirebon yang wajib untuk dicoba. Kuliner satu ini menyajikan tahu yang telah dipotong-potong dengan ukuran yang kecil dengan disiram dengan bumbunya. Makanan ini kerap kali menjadi pilihan mengganjal perut.

Ilustrasi

Ilustrasi tahu gejrot

5. Gepu

Gepu adalah makanan yang berbahan dasar singkong. Bentuk yang menyerupai bakwan ini memiliki isi mirip dengan oncom. Umumnya, masakan ini banyak dinikmati ketika sore hari dan disantap selagi masih hangat.

6. Docang

Docang adalah makanan yang sepintas seperti lontong sayur. Bedanya adalah kuah santan yang kemerahan dengan taburan remahan kerupuk putih atau kulit. Sangat menggiurkan bukan!

7. Nasi Jamblang

Nasi jamblang terkenal dengan cita rasanya yang unik dan istimewa. Bagaimana tidak, makanan khas Cirebon ini disajikan dalam selembaran daun jati dengan aneka lauknya yang beragam dapat menciptakan cita rasa yang sangat lezat.

8. Mie Koclok

Olahan makanan satu ini sangat cocok disantap saat cuaca dingin. Mie koclok berupa mie kuning yang dilengkapi dengan kuah yang mengandung lada putih. Tak lupa tambahan berupa suwiran ayam dan potongan telur, mampu menciptakan cita rasa yang lezat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

9. Tahu Kuningan

Makanan ringan khas Cirebon satu ini wajib untuk dicoba. Terkenal dengan isinya yang sangat padat, tentunya membuat siapapun yang menyantapnya merasa kenyang bila memakan 3 hingga 4 buah tahu.

10. Sate Kalong

Sate kalong adalah makanan khas Cirebon yang unik. Bukan terbuat dari daging kelelawar, namanya kalong lantaran tempat makannya yang hanya buka di malam hari hingga pagi hari. Sate kalong ini mempunyai cita rasa yang sangat gurih dan sedikit manis menjadi perpaduan yang sangat pas.

11. Nasi Lengko

Makanan ini menjadi salah satu menu andalan warga setempat untuk sarapan. Umumnya kuliner satu ini berisi nasi putih, tauge, tahu, dan tempe serta ditambah sausnya. Campuran tersebut menciptakan cita rasa yang unik dan tentunya sangat lezat.

Ilustrasi

12. Serabi Cirebon

Termasuk dalam jajaran kue pasar atau tradisional, serabi cirebon menjadi makanan favorit. Perbedaan antara serabi Cirebon dengan serabi daerah lainnya adalah dalam cara menyantapnya. Di kota ini, serabi disantap bersamaan dengan gorengan.

13. Empal Asem

Makanan khas satu ini terkenal atau cenderung memiliki tingkat lemak dan kolesterol yang sangat rendah sebab kuahnya tidak dipadukan dengan santan. Kendati begitu rasanya tetap sangat segar dengan berbagai bumbu rempah yang ada di dalamnya.

14. Rujak Kangkung

Olahan makanan satu ini menjadi favorit masyarakat sekitar dan bahkan hingga para wisatawan dari luar kota sekalipun. Bagaimana tidak, perpaduan antara sambal dengan asam jawa dan terasi, mampu menghasilkan perpaduan yang sangat pas dan lezat.

15. Growolan

Makanan ringan satu ini olahan dari gaplek yang sudah ada sejak dulu. Hingga kini makanan ini masih sangat eksis dan menjadi cemilan favorit saat bersantai. Mempunyai warna coklat yang berasal dari gaplek kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa menciptakan rasa gurih dan mengenyangkan.

16. Bubur Sop Ayam

Dalam satu mangkuk bubur sop ayam terdiri dari ayam suwir, sayur mayur, dan taburan kacang kedelai yang gurih. Bubur unik ini kerap dijumpai di malam hari menambah rasa hangat dalam tubuh.

17. Ondal Andil

Ondal andil adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari tepung tapioka yang diolah sedemikian rupa. Memiliki tekstur yang kenyal saat pertama kali dikunyah, tak heran membuat banyak orang menyukainya. Tak lupa pula, di atasnya juga ditaburi sebuah parutan kelapa dan gula pasir.

18. Gado-Gado Ayam

Berbeda dengan gado-gado pada umumnya, makanan khas Cirebon ini memiliki bumbu yang berasal dari campuran santan, kunyit, dan bawang putih. Tak heran jika menghasilkan rasa yang sangat kental dengan rempah-rempah.

Ilustrasi

19. Pedesan Entog

Di Kota Cirebon ada sebuah menu yang bernama pedesan entog. Menu ini diolah dengan teknik khusus dan menggunakan bumbu rempah untuk menciptakan rasa daging yang empuk dan gurih.

20. Sate Kentang

Kentang umumnya dimasak dengan cara diolah dalam berbagai menu. Sesuai dengan namanya, sate kentang yang unik ini dipotong melingkar panjang dan kemudian digoreng. Sebelum digoreng, sate diberi bumbu terlebih dahulu dengan tepung yang akan membuatnya menjadi semakin renyah.

Itulah 20 makanan khas Cirebon yang wajib dicoba.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini