Share

Jangan Heran, Ini 5 Festival Teraneh dan Paling Unik yang Hanya Ada di Jepang!

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Minggu 29 Januari 2023 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 27 406 2754281 jangan-heran-ini-5-festival-teraneh-dan-paling-unik-yang-hanya-ada-di-jepang-jtecNZEtJ4.jpg Festival Kanamara Matsuri di Jepang. (Foto: Ruptly)

MENGULAS 5 festival teraneh dan terunik yang hanya ada di Jepang. Beberapa festival di Negeri Sakura ini membuat banyak orang keheranan.

Jepang terkenal dengan keeksentrikannya, terutama mengenai tempatnya dalam budaya pop modern. Keeksentrikan Jepang ini bahkan sampai mendunia. Namun, Jepang juga memiliki sederet budaya aneh dan cukup unik.

Keunikan ini terlihat dari festival yang sudah berlangsung selama berabad-abad lamanya. Sebagian festival ini mungkin terdengar aneh, tetapi semua memiliki sejarah panjang.

Berikut, 5 festival teraneh dan terunik yang hanya ada di Jepang.

 BACA JUGA:Tradisi Berendam Air Es, Ritual Penyucian Diri ala Warga Jepang di Awal Tahun

1. Festival Bayi Menangis Nakizumo

Jepang mengenal kata pepatah kuno “naku ko wa sodatsu” yang artinya “bayi yang menangis tumbuh dengan cepat”. Selama 400 tahun orang tua di Jepang melakukan festival bayi menangis Nakizumo.

 Ilustrasi

Ilustrasi bayi menangis

Pada festival ini, orang tua menyaksikan bayi mereka menangis dalam pelukan sumo. Tujuan dari festival ini untuk memberkati kehidupan bayi dan melindungi bayi dari roh jahat.

2. Kanamara Matsuri (Festival Kesuburan)

Festival teraneh dan terunik yang hanya ada di Jepang adalah Kanamara Matsuri. Salah satu festival ini terkenal sebagai Festival Kesuburan atau Festival Alat Kelamin Pria.

Berbagai pekerja seksual datang ke kuil untuk meminta perlindungan dari penyakit kelamin dan kemalang.

 

Festival ini berlangsung pada bulan April dan berlokasi di Kota Kawasaki di Kuil Kanayama. Konon festival ini sudah berlangsung dari abad ke-17.

 BACA JUGA:Mengenal Festival Kanamara Matsuri, Festival Penis Paling Meriah di Jepang

3. Otaue Matsuri

Pulau besar Omishima yang menakjubkan di Prefektur Ehime menyelenggarakan festival penanaman padi yang terkenal dengan Otaue Matsuri. Berbagai makanan pokok Jepang ada di banggakan pada acara ini menandai musim tanam padi.

Orang Jepang merayakan festival ini pada awal Mei dan September. Terletak di kuil Oyamazumi, festival ini tidak terlalu berbeda dengan acara yang terjadi sepanjang tahun di berbagai tempat di Jepang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Hokkai Heso Matsuri (Festival Pusar)

Selanjutnya ada Hokkai Heso Matsuri sebagai festival teraneh dan terunik yang hanya ada di Jepang. Festival ini sudah ada sejak tahun 1976, dengan maksud memperkuat ikatan antar manusia.

Upacara utama festival ini adalah mempersembahkan doa di Kuil Hokushin, juga dikenal sebagai kuil Belly Button untuk kelahiran, cinta, dan kebahagiaan. Setidaknya ada 4.000 orang berkumpul selama dua hari dengan melukis perut mereka.

 Ilustrasi

5. Akutai Matsuri (Festival Kutukan)

Festival kutukan menjadi festival impian banyak orang yang berlangsung di Kuil Saihoji di Ashikaga. Acara ini berlangsung pada hari Minggu ke-3 bulan Desember.

Peserta festival ini perlu mendaki selama 40 menit ke Gunung Atago yang dipimpin oleh 13 pendeta. Pendeta akan berpakaian seperti makhluk legendaris berhidung besar dengan wajah merah “Tengu”.

Demikian 15 festival teraneh dan terunik yang hanya ada di Jepang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini