Share

3 Daerah Tersepi di Surabaya, Cocok bagi Kaum Introvert yang Tak Suka Keramaian

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 29 Januari 2023 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 27 408 2754202 3-daerah-tersepi-di-surabaya-cocok-bagi-kaum-introvert-yang-tak-suka-keramaian-1m2sVgt2tQ.JPG Gayungan, daerah tersepi di Surabaya, Jawa Timur (Foto: pemerintahan.surabaya.go.id)

SETIDAKNYA terdapat 3 daerah tersepi di Surabaya yang harus Anda ketahui. Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan penduduk yang cukup padat.

Meski demikian, tidak semua daerah di Surabaya memiliki jumlah penduduk yang padat. Dari 31 kecamatan yang ada di Kota Pahlawan ini, setidaknya ada tiga daerah yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit sehingga dikatakan sepi.

Nah, berikut adalah 3 daerah tersepi di Surabaya berdasarkan jumlah penduduknya yang diambil dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya.

Kecamatan Gayungan

Kecamatan Gayungan merupakan sebuah daerah yang terletak di Surabaya Selatan. Kecamatan dengan luas 6,07 km persegi ini diketahui dihuni oleh 41.297 penduduk saja per tahun 2021 yang terbagi ke dalam empat desa/kelurahan.

Infografis Kota Paling Ramah Sedunia

Laju pertumbuhan penduduk per tahun 2020-2021 di kecamatan ini mencapai angka 0.03 persen saja.

Dengan jumlah tersebut, Kecamatan Gayungan menjadi daerah dengan jumlah penduduk paling sedikit di Surabaya dan bisa dikatakan lebih sepi dari pada kecamatan lain.

Kecamatan Bulak

Di urutan selanjutnya ada Kecamatan Bulak yang berlokasi di Surabaya Utara. Daerah yang terkenal dengan tempat wisata Pantai Kenjeran Lama ini tercatat memiliki jumlah penduduk sebanyak 44.155 jiwa per tahun 2021 yang terbagi ke dalam empat kelurahan, yakni Kelurahan Bulak, Kelurahan Kedung Cowek, Kelurahan Kenjeran, dan Kelurahan Sukolilo Baru.

Meski demikian, laju pertumbuhan penduduk Kecamatan Bulak per 2020-2021 mencapai 1.19 persen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kecamatan Asemrowo

Daerah tersepi di Surabaya yang terakhir adalah Kecamatan Asemrowo yang berlokasi di Surabaya Barat. Daerah ini sendiri memiliki tiga kelurahan, yakni Kelurahan Tambak Sarioso, Kelurahan Genting Kalianak, dan Kelurahan Asemrowo.

Berdasarkan catatan BPS Kota Suabaya, Kecamatan Asemrowo memiliki jumlah penduduk sebanyak 45.592 per tahun 2021 dengan laju pertumbuhan penduduk per 2020-2021 sebanyak 0,13 persen.

Demikian pembahasan mengenai 3 Daerah Tersepi di Surabaya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini