Share

4 Kota di Indonesia Cocok Buat Traveling Low Budget, Serba Murah Meriah

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 29 Januari 2023 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 27 408 2754252 4-kota-di-indonesia-cocok-buat-traveling-low-budget-serba-murah-meriah-l9aEUK1bkw.jpg Jalan Djuanda atau Dago Kota Bandung. (Foto: SINDOnews)

BEBERAPA kota di Indonesia sering jadi sasaran liburan para traveler dengan anggaran redah (low budget) atau backpacker karena destinasi tersebut biaya hidupnya lebih terjangkau.

Jadi dengan budjet rendah, traveler sudah bisa liburan di kota-kota ini, sebab biaya untuk makan, penginapan hingga mengunjungi tempat wisata lebih terjangkau.

Berikut 4 kota dengan biaya murah yang bisa jadi referensi untuk para traveler low budget.

 BACA JUGA:Intip 5 Destinasi Wisata Cantik di Papua, Pesonanya bak Serpihan Surga

1. Malang

Malang, Jawa Timur dikenal dengan udaranya yang sejuk karena letaknya berada di dataran tinggi pulau Jawa. Kota ini juga terkenal dengan buah apelnya hingga hasil perkebunan lainnya.

 Ilustrasi

Pujon Kidul di Malang (Kemenparekraf)

Kemudian Malang juga memiliki deretan destinasi wisata murah, di antaranya kampung 3D, kampung warna-warni, alun-alun, museum dan lainnya yang bisa Anda jelajahi.

Tak hanya itu saja, wisata kulinernya juga tidak kalah menarik. Misalnya bakso Malang, rawon, pecel dan salah satu yang khas adalah orem-orem berbahan dasar irisan tempe goreng, ayam, dan dimasak bersama kuah santan kental.

 BACA JUGA:Wajib Masuk Bucket List 2023, Ini Ide Liburan di 5 Destinasi Wisata Favorit Indonesia!

2. Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang banyak diincar oleh para traveler, karena biaya hidupnya yang relatif rendah. Anda bisa menemukan penginapan yang mana harga permalamnya di bawah Rp100 ribu.

 Ilustrasi

Malioboro Yogyakarta (Instagram)

Sementara itu untuk biaya makannya di Yogyakarta juga relatif sangat terjangkau. Masih banyak penjual paruh baya yang menjajakan makanannya di pinggir jalan, seperti gudeg, pecel, krecek, nasi kucing dan lainn sebagainya.

Kemudian untuk wisatanya, Anda bisa menjelajahi kawasan Malioboro, Alun-alun Kidul dan juga Keraton. Kawasan tersebut juga banyak didatangi oleh para traveler lho, khususnya bagi yang punya budget rendah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Bandung

Selanjutnya adalah Bandung, jadi salah satu kota yang jadi tujuan para traveler. Wilayah yang berada di Jawa Barat ini memiliki deretan penawaran menarik untuk Anda yang ingin liburan dengan budget rendah.

Untuk penginapan, banyak pilihan hotel budget yang harga permalamnya di bawah Rp200 ribu. Salah satunya Hotel Zodiak Sagitarius, berlokasi di Pasir Kaliki, Kota Bandung atau sekitar 500 meter dari Stasiun Bandung.

 

Jika Anda menginap di hotel tersebut, maka cukup dekat dengan beberapa kawasan atas Bandung. Misalnya Dago, Sukajadi, Geger Kalong, hingga Tangkuban Parahu.

Untuk makannya, Bandung masih banyak menawarkan harga-harga bersahabat. Misalnya di daerah Lengkong, Anda dapat menjumpai deretan penjual street food hingga makanan berat lainnya.

Kemudian tempat wisata gratis yang bisa Anda kunjungi di Bandung adalah Gedung Sate dan kawasan Braga. Anda bisa sepuasnya foto-foto di tempat ini, memperlihatkan sisi Bandung yang epik.

4. Solo

Solo jadi rekomendasi kota bagi para traveler dengan budget rendah. Saat plesiran ke Kota Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini, Anda bisa bisa mengunjung sejumlah destinasi wisata dengan harga tiket relatif murah.

Misalnya The Heritage Palace, Solo. Tempat ini menawarkan suasana ala Eropa klasik, bangunannya juga cantik. Bahkan harga tiketnya pun relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp20 ribu.

 Ilustrasi

Di The Heritage Place, para pengunjung dapat melihat berbagai wahana menarik seperti Museum 3D Trick Art, Omah Walik, Garden Retro Paradise, Museum Transportasi, sampai food street.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini