Share

Apa Itu Feeling Lonely dalam Hubungan? Catat Juga Cara Mengatasinya

Tim Okezone, Okezone · Minggu 29 Januari 2023 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 28 612 2754872 apa-itu-feeling-lonely-dalam-hubungan-catat-juga-cara-mengatasinya-DmQs4xXV8I.jpg Apa Itu Feeling Lonely dalam Hubungan (Foto: Lovepanky)
A A A

APA Itu Feeling Lonely dalam Hubungan? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya dalam artikel berikut ini. 

Feeling Lonely atau kesepian kerap dirasakan oleh sebagian orang. Kesepian tak harus berada sendiri, tak jarang saat berkumpul dengan teman atau bahkan pasangan pun seseorang masih tetap merasa kesepian.

Hal itu sesungguhnya adalah fenomena yang wajar, tapi seringkali membawa dampak yang kurang baik. Terlebih lagi jika perasaan tersebut berlangsung terus-terusan dan membawa psikis seseorang menjurus ke arah yang lebih serius seperti anxiety dan sebagainya.

Ada beberapa penyebab seseorang merasa kesepian dalam sebuah hubungan. Dikutip dari Lifehack, berikut ulasannya untuk Anda.

1. Komunikasi yang buruk

Apa Itu Feeling Lonely dalam Hubungan?

(Apa Itu Feeling Lonely dalam Hubungan?, Foto: Lovepanky)

Komunikasi adalah pondasi dalam menjalin sebuah hubungan. Ini memungkinkan pasangan untuk mendengar satu sama lain, menciptakan makna dari informasi yang dibagikan, dan merespons dengan cara yang positif atau negatif.

Komunikasi yang agresif, meremehkan, tidak peduli, atau adu argumentatif antara dua pasangan akan menyebabkan seseorang merasa tidak didengarkan, tidak dicintai, dan akibatnya, seseorang merasa sendirian dalam sebuah hubungan.

2. Kurangnya waktu bersama

Tak jarang pasangan memiliki kesibukan masing-masing. Jadwal yang bentrok membuat pertemuan dan komunikasi menjadi sulit. Ini yang membuat rasa memiliki menjadi berkurang dan berpengaruh pada kondisi psikis pasangan. Tak jarang pasangan yang tak terlalu sibuk, merasa sendiri karena jarang diperhatikan.

3. Tak ada quality time

Sekalinya ada waktu bersama, malah dihabiskan dengan hal-hal yang memberikan energi negatif seperti bertengkar atau adu argumen. Kemelut yang terus menerus ini yang kemudian berujung pada kesepian atau bahkan perpisahan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu bagaimana jika seseorang benar-benar berada dalam kesepian? Guna mengatasi hal tersebut, ada baiknya simak cara jitu dari psikolog berlisensi asal Amerika Serikat Dr Michael Eason berikut ini, seperti dikutip dari laman Tatlerasia.

1. Jujur pada diri sendiri

Salah satu penyebab utama mengapa seseorang sering merasa kesepian adalah karena bisa jadi ia belum benar-benar memahami dirinya atau tidak jujur pada diri sendiri.

2. Menjadi proaktif

Setelah jujur pada diri sendiri, bukan berarti anda pasrah dan menerima begitu saja. Untuk bisa mendapatkan banyak teman serta hiburan, Anda harus proaktif. Terkadang ini melibatkan hasrat untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mencari sesuatu yang benar-benar baru dari apa yang sudah terjadi selama ini. Namun, perlu diingat saat berada di kondisi yang baru, jangan lupa untuk terus memelihara mereka yang sudah dimiliki saat ini.

3. Menikmati momen sendiri, mengapa tidak?

Kesepian dan kesendirian seringkali dianggap sebagai sesuatu yang negatif, namun sesungguhnya tidaklah demikian. Bahkan sesungguhnya hal itu bisa mengajari kita banyak hal. Melalui waktu berkualitas sendirian dapat memberikan beberapa dampak positif.

Beberapa orang memanfaatkan "kesendirian" dengan mengikuti program televisi atau novel favorit mereka, mandi air hangat atau pijat, atau hanya memanjakan diri mereka sendiri dengan hobi atau minat yang mereka sukai, seperti memasak atau bepergian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini