Share

Mata Lelah karena Over Terpapar Layar Gadget? Tingkatkan Kesehatannya dengan 5 Makanan Ini

Pradita Ananda, Okezone · Minggu 29 Januari 2023 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 29 298 2755100 mata-lelah-karena-over-terpapar-layar-gadget-tingkatkan-kesehatannya-dengan-5-makanan-ini-0XsgdJNapP.JPG Tingkatkan kesehatan mata dengan 5 makanan ini, (Foto: Freepik)
A A A

MATA jadi salah satu organ paling vital pada tubuh tiap manusia, makanya mata membutuhkan perawatan dan nutrisi ekstra.

Terlebih pada pola hidup zaman sekarang, setiap hari hampir semua orang terpapar layar gadget alias gawai seperti komputer, tablet, laptop dan ponsel. Paparan semua ini melemahkan daya penglihatan dan merusak mata dalam jangka panjang.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya bisa dengan mengonsumsi asupan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Apa saja? Berikut paparannya di bawah ini, sebagaimana menukil NDTV, Minggu (29/1/2023).

1. Sayuran berdaun hijau: Contohnya seperti bayam, fenugreek, timun, dan kangkung kaya akan karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Sayuran berdaun hijau kaya akan Vitamin A, C dan E, yang bermannfaat bisa bantu menurunkan risiko penyakit terkait mata seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Telur: Salah satu sumber protein mudah dan murah ini bukan juga hanya sarat protein, tapi juga kaya akan zinc dan kuning telurnya mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Kandungan yang melindungi mata dari bahaya degenerasi makula terkait mata (AMD) dengan memblokir cahaya biru berbahaya yang merusak retina mata.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Brokoli dan kubis: Sayuran yang tinggi akan Vit A, Vit C dan Vit E dan kaya akan karotenoid dan anti-oksidan. Hasilnya? Mampu bantu melindungi mata dari penyakit yang berkaitan dengan usia.

4. Ikan tuna dan salmon: Salmon, tuna, atau trout adalah jenis ikan berlemak yang sarat akan asam lemak Omega-3 seperti DHA dan EPA yang bermanfaat bisa melindungi mata degenerasi makula (AMD) dan glaukoma. Asupan asam lemak omega 3 juga mencegah mata jadi kering, bye-bye mata gatal!

5. Paprika: Sayuran warna kuning, merah dan hijau ini adalah sumber vitamin C dan antioksidan loh! Tak heran paprika bisa bantu melindungi mata dari katarak. Jika bisa, usahakan konsumsi paprika mentah karena suhu panas dari proses memasak akan memecah vitamin C di dalamnya.

 

(Foto: Freepik)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini