Share

Persilakan Kaesang Nyalon Wali Kota Solo, PAN: Jangan Gara-Gara Anak Presiden Kita Bedakan

Achmad Al Fiqri , MNC Portal · Minggu 29 Januari 2023 23:48 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 29 337 2755285 persilakan-kaesang-nyalon-wali-kota-solo-pan-jangan-gara-gara-anak-presiden-kita-bedakan-K6mOPpGQs1.jpg Kaesang Pangarep (Foto: MPI)
A A A

JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dipersilakan untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menilai, setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk maju sebagai kepala daerah. Termasuk, kata Yandri, seorang anak Presiden.

"Silakan saja kan dia warga negara Indonesia. Gagah ganteng, kuat baru nikah lagi masa nggak boleh," kata Yandri saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Menurutnya, keinginan Kaesang maju sebagai Wali Kota Solo tak perlu dikaitkan dengan politik dinasti. Apalagi, sudah ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perkara anak dari Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, Adnan Purichta Ichsan yang menggugat pasal dinasti dalam UU Pilkada beberapa waktu silam.

Baca juga: Kaesang Mau Terjun ke Politik, Jokowi: Saya Tidak Mempengaruhi

"Jadi gini, di MK terakhir ada yang menggugat kenapa anak bupati tidak bisa maju sebagai calon bupati. Itu digugat anak Bupati Sulsel dan itu berhasil, beliau boleh maju bupati sebagai anak bupati," tutur Yandri.

Baca juga: Bus Persis Solo Diserang Oknum Suporter, Kaesang Pangarep Beri Respons Begini

"Artinya hak politik dipilih dan memilih sama di Indonesia. Karena jangan gara-gara anak Presiden kita bedakan, atau karena dia bukan suku tertentu tidak boleh. Dan itu putusan MK sudah final," tambahnya.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep mengaku tertarik untuk terjun ke dunia politik. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh kakaknya sendiri, Gibran Rakabuming Raka saat diwawancarai di Balai Kota Solo.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Gibran menyebut, jika Kaesang telah menyampaikan ketertarikannya untuk terjun di dunia politik kepada dirinya dan Jokowi. Keinginan itu Kaesang lontarkan saat Jokowi tengah berada di Solo, Senin 23 Januari 2023.

"Tapi mungkin kemarin malah yang kami bicarakan di meja makan adalah Kaesang. Dia secara terbuka menyampaikan ke saya dan bapak tentang ketertarikannya di dunia politik," ujar Gibran.

Mendengar pernyataan itu, Girban mengaku terkejut karena baru pertama kali mendengar bahwa Kaesang tertarik masuk politik. "Saya baru dengar kemarin. Saya ya kaget, tenan pora," ungkap Wali Kota Solo itu.

Presiden Jokowi juga membenarkan Kaesang Pangarep bicara langsung ingin terjun ke dunia politik. Ia pun memberikan kebebasan kepada anaknya untuk memutuskan pilihan dalam hidupnya.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan kepada mereka. Saya tidak mempengaruhi, saya tidak memutuskan," kata Jokowi usai acara pembukaan KTT ASEAN di Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini