Share

Sehatkan Pencernaan hingga Gigi, Manfaat Makan Yoghurt untuk Bumil

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 29 Januari 2023 20:30 WIB
$detail['images_title']
manfaat yang ditawarkan yoghurt, (Foto: NDTV)

YOGHURT jadi salah satu jenis kudapan ringan yang disukai banyak orang, entah itu dikonsumsi sebagai camilan atau menu sarapan sehat setiap paginya.

Nah, tahukah Anda ternyata mengonsumsi yogurt juga mendatangkan manfaat kesehatan yang penting untuk ibu hamil. Apa saja manfaat yang bisa didapat ibu hamil dengan konsumsi yogurt? Menghimpun Very Well Fit, John Hopkins Medicine, dan What to Expect, Minggu (29/1/2023) ini ulasan singkatnya.

1. Merawat sistem pencernaan: Yogurt menyediakan protein, bahan pembangun jaringan serta probiotik yakni bakteri baik yang membantu mencerna makanan). Dikutip dari Heathline beberapa jenis probiotik yang ada pada yogurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus terbukti mengurangi gejala sindrom iritasi usus, irritable bowel syndrome (IBS) yang tidak nyaman.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Menguatkan tulang dan gigi: Yogurt merupakan sumber kalsium baik yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, serta fungsi jantung, saraf, dan otot. Apabila wanita hamil kurang asupan kalsium, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang.

3. Turunkan tekanan darah: Kalsium yang dikandung yogurt, bukan hanya menyehatkan tulang tapi juga untuk membantu menurunkan tekanan darah hingga menurunkan kolesterol dalam darah. Merujuk National Institutes of Health, orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium per hari.

4. Membangun sel: Yogurt mengandung protein yang bisa berfungsi untuk melancarkan metabolisme dengan membakar kalori dalam tubuh. Selain itu, protein juga memiliki senyawa asam amino, yang bermanfaat untuk membentuk sel bayi dalam kandungan.

*Sebagai catatan, yogurt di sini merujuk pada jenis plain yogurt alias polos tanpa rasa. Varian ini disebut sebagai pilihan yang lebih baik daripada yogurt dengan rasa, karena bebas gula tambahan yang akan bisa lebih menjaga asupan kalori untuk wanita mengandung.

1
2