Share

Mengenang Kecelakaan Berdarah PO Flores 1981, Puluhan Nyawa Siswa SMP Melayang

Citra Dara Vresti Trisna, Okezone · Minggu 29 Januari 2023 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 29 52 2755243 mengenang-kecelakaan-berdarah-po-flores-1981-nyawa-puluhan-siswa-smp-melayang-QUTkWBr366.jpeg PO Flores. (Foto: Facebook Solo Zaman Dulu)

JAKARTA – Mungkin banyak pecinta bus yang mengenal perusahaan otobus (PO) Mira dan Eka. Tapi, nampaknya tidak banyak yang mengerti bila sebelumnya kedua PO tersebut sebelumnya bernama PO Flores.

PO bus asal Mojokerto, Jawa Timur, ini pernah mengalami peristiwa kecelakaan maut yang menewaskan rombongan siswa SMP. Tragedi berdarah itu terjadi pada tahun 1981 saat PO Flores ditabrak oleh kereta cepat jurusan Pasar Senen-Solo Balapan.

Banyak nyawa melayang akibat peristiwa itu. Kejadian memilukan itu bahkan tercatat sebagai salah satu kecelakaan bus yang paling mengerikan sepanjang sejarah transportasi darat di Indonesia.

Banyaknya kecaman masyarakat pada persitiwa tersebut membuat pemerintah, melalui Dinas Perhubungan, mengambil sikap tegas, yakni mencabut izin operasi bus tersebut. Di sisi lain, usai kejadian tersebut banyak masyarakat takut menaiki bus tersebut.

PO Flores. (Foto: Facebook/@solo zaman dulu)

Sebelumnya, PO yang berdiri sejak tahun 1971 ini memang cukup terkenal di Jawa Timur dan Yogyakarta. PO ini juga terkenal murah dan punya banyak sopir bernyali besar dan raja jalanan.

Setelah tidak boleh beroperasi, sang pemilik Fendi Haryanto memutar otak agar bisnisnya kembali berjalan. Ia mengubah nama PO miliknya menjadi dua, yakni: Eka dan Mira. Kedua bus tersebut punya rute yang sama, yakni Surabaya-Yogyakarta. Sedangkan bus yang digunakan adalah deretan bus baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kecelakaan maut bersejarah tersebut bukanlah penutup dari rangkaian kecelakaan bus di Indonesia. Bahkan PO Eka dan Mira juga masih mengalami kecelakaan. Meski korbannya tidak sebanyak waktu menggunakan nama PO Flores, namun kedua PO ini masih tetap eksis hingga kini.

Kedua PO ini beroperasi secara bergantian dan melayani dari arah yang berlawanan. Reputasi kedua PO ini juga belum berubah. Keduanya masih disebut raja jalanan di Jawa Timur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini