Share

Buaya Mucul ke Permukaan Situ Kalapa Sukabumi, Kabarnya Pernah Memangsa Kambing Warga

Dharmawan Hadi , MNC Portal · Minggu 29 Januari 2023 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 29 525 2755103 buaya-mucul-ke-permukaan-situ-kalapa-sukabumi-kabarnya-pernah-memangsa-kambing-warga-Wgz9COXvZP.jpg Buaya di Situ Kalapa Sukabumi (Foto: Istimewa)
A A A

SUKABUMI - Video kemunculan buaya besar di Situ Kalapa di Kedusunan Cimandala 3, Desa Cipeundeuy, Surade, Sukabumi, bikin heboh warga. Video yang berdurasi 22 detik tersebut viral di kalangan masyarakat sekitar.

Informasi yang dihimpun, 2 remaja yang sedang berada di Situ Kalapa, tidak sengaja melihat buaya besar pada, Sabtu 28 Januari 2023. Secara spontan, mereka merekam adegan buaya yang berada dari tepi menuju tengah danau. Dalam keadaan ketakutan kedua remaja itu berbicara pelan, menghindari perhatian buaya yang direkamnya.

Kepala Desa Cipeundeuy, Bakang Anwar As'adi mengatakan, perbincangan adanya buaya di Situ Kalapa atau yang dikenal dengan nama Situ Habibi, sudah terjadi sejak 2 tahun silam. Di mana pada saat itu masyarakat melihat adanya buaya yang kecil menampakkan diri di danau tersebut.

"Kalo dahulu buaya itu munculnya di hilir atau di bawah danau. Namun seiring waktu berjalan, makin ke sini issuenya makin merebak dan kabarnya nambah (populasinya). Terupdate mah sampai 9 ekor ceunah, dewasa lagi gede-gede," ujar Bakang kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (29/1/2023).

Sejauh ini, lanjut Bakang, belum pernah ada warga yang pernah diserang oleh binatang reptil itu. Namun, pernah dilaporkan sebanyak 2 ekor kambing peliharaan milik warga, diduga hilang dimakan oleh buaya yang berasal dari Situ Kalapa tersebut.

"Walaupun belum pernah menyerang manusia, namun ada kekhawatiran dari warga. Karena info dari masyarakat ada 2 ekor kambing yang hilang yang diduga dimakan buaya. Dan itu masih diduga karena tidak ada saksi yang melihat pada saat kejadian itu," ujar Bakang menambahkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut Bakang menjelaskan, pihak pemerintah desa sudah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan sudah ditanggapi akan segera dilakukan pengecekan ke lokasi dan melakukan sosialisasi penanganan bahaya dari keberadaan buaya tersebut.

"Dari BKSDA tadi malam saya sudah konfirmasi, kebetulan hari Selasa ada rapat dan akan dibahas di Bogor. Himbauan dari BKSDA, karena itu (buaya) ada di habitatnya, kalo nanti tidak membahayakan kepada masyarakat nanti akan ada sosialisasi setelah survey ke lapangan," ujar Bakang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini