Share
Advertisement

Kenapa Rayap Memakan Kayu?

Andera Wiyakintra , Jurnalis-Minggu 29 Januari 2023 23:34 WIB
Kenapa Rayap Memakan Kayu?
Kenapa Rayap Memakan Kayu?
A
A
A

Tidak hanya kebakaran, gempa, atau banjir, ternyata rumah kita bisa terancam karena infestasi serangga yang cukup berbahaya, yaitu rayap. Meskipun hanya serangga kecil, kerumunan rayap bisa merusak rumah, terutama bagian-bagian yang terbuat dari kayu.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa rayap telah ada bumi sekitar 50 juta tahun, yang berarti mereka ada pada waktu yang sama dengan dinosaurus. Saat ini, ada hampir 3.000 spesies rayap yang dapat ditemukan di seluruh dunia.

Rayap berkembang pesat di daerah tropis yang hangat, tetapi mereka bisa ditemukan di mana saja asal bukan di tanah yang membeku di musim dingin. Banyak orang mengira serangga ini sejenis semut, karena memiliki bentuk yang mirip, tetapi sebenarnya spesies rayap lebih terkait dengan kecoa.

BACA JUGA:Studi Baru Ungkap Kawanan Serangga Bisa Hasilkan Listrik

Makanan rayap yang paling utama terdiri dari selulosa, serat keras yang ditemukan pada tumbuhan, seperti semak dan pohon. Selulosa harus dipecah oleh enzim yang disebut selulase.

Rayap tidak menghasilkan selulase, tetapi mereka memiliki mikroorganisme, termasuk bakteri dan protozoa, yang hidup dalam sistem pencernaannya yang membantu mereka memecah selulosa menjadi zat yang dapat dicerna, memberi mereka nutrisi yang mereka butuhkan untuk hidup.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement