Share

Inti Bumi Mulai Berputar ke Arah Berlawanan, Bukan Pertama Kali Terjadi

Fatmawati, Okezone · Minggu 29 Januari 2023 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 29 65 2755032 inti-bumi-mulai-berputar-ke-arah-berlawanan-bukan-pertama-kali-terjadi-7cnYpP6Px9.jpg Ilustrasi (Foto : Florida State University)

JAKARTA – Baru-baru ini, sejumlah peneliti daro Peking University Beijing, China, menemukan rotasi inti Bumi berputar ke arah yang berlawanan.

Hasil penelitian tersebut mengatakan perputaran inti Bumi ke arah sebaliknya ini bukan kali pertama terjadi.

Sebelumnya, rotasi perubahan inti Bumi terjadi pada awal 1970-an dan diperkirakan perubahan berikutnya akan terjadi pada pertengahan 2040-an.

Dilansir dari analisis yang diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience, Minggu (29/1/2023), penulis studi tersebut Yi Yang dan Xiadong Song menyimpulkan perubahan rotasi terjadi akibat adanya perubahan temporal antara gelombang seismik berulang yang harus melintasi jalur yang sama melalui inti Bumi.

Gelombang seismik diperkirakan mulai bergerak secara berulang sejak awal 1990-an dan menunjukkan perubahan temporal yang signifikan selama dekade terakhir. Adanya pola konsisten itu sempat menunjukkan berhentinya pergerakan rotasi inti Bumi dan kemudian bergerak berbalik arah.

Yi Yang dan Xiadong Song mengatakan rotasi ini diperkirakan sejalan dengan perubahan inti dalam yang disebut sebagai panjang atau durasi hari. Dengan kata lain, ini adalah variasi kecil dari waktu yang dibutuhkan Bumi untuk berputar sesuai porosnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini