Share

Mengenal Perbedaan Pangkat dari Bar pada Pundak Pilot, Berikut 6 Tingkatannya

Nurul Amanah, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2023 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 03 406 2758773 mengenal-perbedaan-pangkat-dari-bar-pada-pundak-pilot-berikut-6-tingkatannya-Y83fF0tZ9n.jpg Pilot (Foto: Pixabay)

PERNAHKAH Anda memperhatikan pada seragam pilot, di bagian pundak ada garis atau bar yang terkadang jumlahnya berbeda pada setiap pilot. Jumlah garis pada seragam pilot ternyata menunjukkan pangkat mereka.

Tidak ada standarisasi yang mengikat perihal garis/bar di seluruh maskapai penerbangan. Maskapai yang berbeda memilih untuk mengeluarkan jumlah garis yang berbeda kepada pilot mereka tergantung pada pangkat mereka, yang juga bervariasi pada tingkat pengalaman di dalam maskapai.

Berikut perbedaan bar yang menunjukkan pangkat pilot, dirangkum dari berbagai sumber:

 BACA JUGA:Kisah Mohammed Abubakar, 24 Tahun Bersihkan Pesawat sebagai Cleaning Service hingga Diangkat Jadi Pilot

1. Kapten Pelatihan (Training Captain)

Kapten Pelatihan memiliki semua tanggung jawab Kapten biasa, tetapi juga melatih pilot lain (baik Perwira Pertama maupun Kapten). Seorang pilot yang baru mengenal jenis pesawat atau perusahaan akan terbang dengan Kapten Pelatihan sampai mereka mencapai standar yang diperlukan untuk terbang dengan Kapten normal.

 Ilustrasi

Ilustrasi

Kapten Pelatihan lebih senior dari Kapten normal, umumnya dibayar lebih tinggi dan dipilih untuk peran tersebut setelah menunjukkan kinerja di atas rata-rata secara terus menerus dalam pemeriksaan dan tes mereka sendiri.

Meskipun Kapten Pelatihan lebih senior dari pangkat Kapten, mereka berdua mengenakan jumlah garis yang sama pada seragam mereka di sebagian besar maskapai penerbangan. Oleh karena itu, seorang Kapten Pelatihan memakai 4 garis di seragam mereka.

 BACA JUGA:Viral! Pilot Ganteng Ungkap ke Mana Perginya Tinja Setelah BAB di Pesawat

2. Kapten (Pilot)

Kapten atau yang akrab disebut sebagai Pilot adalah sosok yang bertanggung jawab atas pesawat, awak dan penumpangnya, kecuali mereka terbang dengan Kapten Pelatihan (di mana Kapten Pelatihan akan bertanggung jawab). Pilot memakai 4 garis di seragamnya.

 

3. Perwira Pertama Senior (Senior First Officer)

Secara umum, Senior First Officer adalah seseorang yang memiliki total waktu penerbangan sekitar 1.500 jam. Beberapa maskapai penerbangan mungkin memiliki persyaratan tambahan, seperti memegang ATPL penuh atau hampir 'siap perintah' yang merupakan cara maskapai mengatakan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk dipromosikan menjadi Kapten tetapi sedang menunggu posisi tersedia.

Siapa pun selain pangkat Kapten atau Kapten Pelatihan terkadang lebih sering disebut sebagai 'Co-Pilot'. Petugas Pertama Senior memiliki 3 garis di seragam mereka.

4. Perwira Pertama (First Officer)

Petugas Pertama biasanya memakai 2 atau 3 garis tergantung pada maskapainya. Beberapa First Officer secara otomatis diberikan 3 strip sejak hari mereka bergabung, sedangkan beberapa mulai dari garis 2 dan hanya mendapatkan garis 3 ketika mereka dipromosikan menjadi Senior First Officer.

5. Perwira Kedua (Second Officer)

Beberapa (namun tidak semua) maskapai menggunakan peran Second Officer. Posisi ini berarti pilot bantuan pelayaran (yaitu tidak duduk di kontrol untuk lepas landas dan mendarat sampai tingkat pengalaman mereka meningkat). Petugas Kedua biasanya memiliki 2 garis di seragam mereka.

 Ilustrasi

6. Kadet/Trainee

Sementara di sekolah penerbangan, pilot kadet bisa memakai sejumlah garis tergantung pada pilihan sekolah penerbangan tertentu. Siswa akan sering memakai 1 strip ketika mereka memegang Lisensi Pilot Komersial (CPL) dan kemudian 2 strip setelah Peringkat Instrumen (IR) mereka selesai.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini