Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Sejarah Karoseri Laksana: Pembuat Bodi Bus Legendaris Asal Ungaran

Raden Yusuf Nayamenggala , Jurnalis-Minggu, 05 Februari 2023 |23:25 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara)
Ilustrasi. (Foto: Antara)
A
A
A

JAKARTA – Pecinta bus mungkin sudah tidak asing lagi dengan perusahaan Karoseri Laksana. Perusahaan karoseri ini merupakan salah satu perusahaan karoseri terbesar di Indonesia.

Sekadar informasi, perusahaan karoseri sendiri punya peranan penting dalam usaha transportasi darat, khususnya bus. Karoseri yang bertanggung jawab atas bodi bus dan sistem keamanan yang ada di dalamnya.

Di Indonesia, peran perusahaan karoseri sangat penting lantaran pengusaha bus biasanya hanya membeli sasis saja. Karena, untuk membeli bus secara utuh membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi.

Salah satu karoseri tersohor di Indonesia yaitu Laksana. Karoseri tersebut didirikan oleh Yusuf Amran sejak tahun 1977. Di mana awalnya Yusuf hanya fokus pada penjualan kebutuhan otomotif pada tahun 1967 di Jawa Tengah.

Namun, karena pertumbuhan bisnis yang kian pesat pada kala itu, akhirnya di tahun 1970 Yusuf memutuskan pindah ke lokasi yang lebih luas, untuk bisa meningkatkan usahanya.

Hingga akhirnya Laksana melebarkan sayap bisnis dengan mendirikan divisi manufacturing yang bergerak pada sektor pembuatan bodi kendaraan.

Setahun setelah berdirinya divisi itu, Yusuf Amran membawa usahanya ke Ungaran, Semarang, dan menempati lahan seluas 5.000 meter persegi. Kemudian, karena tingginya permintaan, membuatnya harus kembali memperluas tempat usahanya.

Selanjutnya, di tahun 1982, Laksana melakukan pelebaran pabrik dengan luas 15.000 meter persegi, yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement