Share

Mencuat Isu Reshuffle, Organisasi Kepemudaan Dorong Keterwakilan Pemuda di Kabinet Jokowi

Arif Budianto , MNC Portal · Minggu 05 Februari 2023 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 05 525 2759397 mencuat-isu-reshuffle-organisasi-kepemudaan-dorong-keterwakilan-pemuda-di-kabinet-jokowi-GLpk0oEZjX.jpg Illustrasi (foto: Okezone)
A A A

BANDUNG - Sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) mendorong keterwakilan pemuda pada kabinet Pemerintahan Jokowi Widodo, yang dianggap masih minim. Saat ini, pemuda menghadapi banyak persoalan di tengah posisi pemuda sebagai masa depan bangsa.

Hal itu mencuat di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Bandung.

"Kami menangkap aspirasi teman-teman pemuda KNPI, di mana di tengah isu reshuffle kabinet, kami menginginkan ada keterwakilan pemuda di akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo," kata Ketua Umum Pemuda Minang, M Rafik Perkasa Alamsyah, Minggu (5/2/2023).

Menurut dia, dengan adanya keterwakilan pemuda di kabinet, aspirasi dan persoalan pemuda setidaknya bisa tertampung dan dicarikan solusinya. Hal ini penting melihat masih kurangnya keterwakilan pemuda di kabinet Jokowi Widodo yang menyebabkan pemuda seolah kehilangan induk.

"Sekarang keterwakilan pemuda belum ada di kabinet. Jika ada keterwakilan pemuda, ini akan menjadi prestasi bagi Jokowi, dia akan dikenang sebagai presiden yang aspiratif terhadap pemuda," kata umar Rafik yang pernah menjadi tim kampanye pemenangan Jokowi.

Indonesia, saat ini menghadapi persoalan bonus demografi. Jika peran pemuda tidak dimanfaatkan secara baik, bonus demografi dikhawatirkan akan menjadi bumerang demografi. Berbagai persoalan akan muncul seperti pengangguran, kriminalitas, dan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rafik menyebutkan, saat ini pihaknya melihat ada figur Ketua Umum KNPI Ryano Panjaitan yang dianggap pas dan layak mewakili pemuda di kabinet. Apalagi melihat sepak terjang Ketua Umum KNPI yang dianggap cukup bagus.

"Salah satu konsep yang saat ini sedang diusung adalah aktivis preaner. Bagaimana mendorong para pemuda tetap eksis di organisasi namun dia mandiri secara ekonomi," imbuh dia.

Dukungan pemuda masuk kabinet Jok Widodo juga disuarakan beberapa perwakilan OKP lainnya. Diantaranya Ketum GMPPK Bernard Denny Namang, Ketum DPP Gerakan Pemuda Daerah (Gapura) Zieko Odang, Sekjen Generasi Muda Penggiat Sosial Media (GMPSM) Luhut Simanjuntak, dan Ketum Putra Putri Anak Bangsa (PPAB) Sohan Gumay.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini