Share
Advertisement

Siapa yang Pertama Memperkenalkan Uang Digital

Raden Yusuf Nayamenggala , Jurnalis-Minggu 05 Februari 2023 19:00 WIB
Siapa yang Pertama Kali Memperkenalkan Uang Digital
Siapa yang Pertama Kali Memperkenalkan Uang Digital
A
A
A

Mata uang digital yang lazim disebut cryptocurrency, ternyata sudah ada sejak lama. Bahkan, cryptocurrency ada sebelum bitcoin.

Mata uang digital pertama yakni eCash, yang dikembangkan oleh perusahaan DigiCash pada tahun 1990. Konsep dan perusahaan tersebut diciptakan oleh cryptographer David Chaum. Di mana Chaum pada tahun 1983 menerbitkan sebuah makalah berjudul "Blind Signatures for Untraceable Payments."

Singkat cerita, pada tahun 1983, cryptographer asal amerika David Chaum, mengusulkan bentuk uang elektronik atau digital. Dia membuat konsep mata uang token yang bisa ditransfer antar individu dengan aman dan pribadi, mirip dengan cryptocurrency modern.

Chaum mengembangkan apa yang disebut sebagai "blinding formula" yang digunakan untuk mengenkripsi informasi yang dikirimkan antar individu. Bentuk dari formula tersebut yakni "Blinded Cash" yang bisa ditransfer dengan aman antar individu, dengan tanda tangan asli dan kemampuan untuk dimodifikasi tanpa ketertelusuran.

BACA JUGA:1 Bitcoin Berapa Rupiah? Segini Kisarannya

Kemudian, Chaum mendirikan DigiCash untuk menerapkan konsepnya beberapa tahun kemudian, dengan menciptakan uang digital kriptografi pertama yang disebut eCash.

Kendati DigiCash bangkrut di tahun 1998, ide-ide yang diajukan perusahaan, beberapa formula, dan alat enkripsinya memainkan peran penting dalam mengembangkan mata uang digital selanjutnya.

Kemudian, uang digital selanjutnya adalah E-Gold. Pada tahun 1996 Dr. Douglas Jackson dan Barry Downey menciptakan kepemilikan emas yang dikaitkan elektronik.

Mata uang digital tersebut memungkinkan pengguna untuk mentransfer kepemilikan emas antara pengguna situs web, yang dengan cepat meski tidak sengaja menjadi alat "pencuci uang" dan orang lain yang mencari anonimitas dalam aktivitas ilegal mereka.

Selanjutnya, salah satu pelopor cryptocurrency awal yakni Nick Szabo, menciptakan sebuah konsep yang akhirnya mengarah pada penciptaan Bitcoin. Konsep tersebut disebut Bit Gold dan menggunakan banyak teknik blockchain yang sama, seperti halnya jaringan peer-to-peer, penambangan, buku besar atau registri, hingga kriptografi.

Bit Gold bertujuan untuk menghindari ketergantungan pada distributor serta otoritas mata uang terpusat. Adapun tujuan dari Szabo yakni agar Bit Gold mencerminkan properti emas asli, sehingga memungkinkan pengguna menghilangkan perantara.

Namun, seperti upaya mata uang digital lainnya, Bit Gold pada akhirnya tidak berhasil. Tapi, Bit Gold juga mengilhami mata uang digital yang memasuki pasar satu dekade atau lebih setelah diperkenalkan.

Kemudian, pada tahun 1998 Wei Dai mengusulkan sistem kas elektronik terdisitribusi anonim yang disebut B-money. Dai menyarankan dua protokol yang berbeda, termasuk yang membutuhkan saluran siaran yang sinkron dan tidak bisa diganggu.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement