Share

Ini Surat Alquran yang Dibaca Rasulullah saat Sholat Isya

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2023 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 05 614 2759275 ini-surat-alquran-yang-dibaca-rasulullah-saat-sholat-isya-SYV3YRY9NE.jpg Ilustrasi surat Alquran yang dibaca Rasulullah saat Sholat Isya. (Foto: Shutterstock)
A A A

BERIKUT ini penjelasan mengenai surat Alquran yang dibaca Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam saat Sholat Isya. Diketahui Sholat fardhu atau wajib ada lima waktu dalam sehari yaitu Sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Sholat merupakan salah satu jenis ibadah dalam Islam. Sholat diawali dengan gerakan takbir dan diakhiri gerakan salam. Sholat adalah Rukun Islam kedua setelah dua kalimat syahadat.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Ahad 5 Februari 2023M/14 Rajab 1444H 

 

BACA JUGA:Niat dan Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat Lengkap dengan Doa serta Keutamaannya 

Lalu apa surat Alquran yang dibaca Rasulullah Shallallahu saat Sholat Isya? Disarankan untuk membaca surat wasath mufashal seperti Surat Asy-Syam, At-Tin, Al A'la, Al Alaq, atau Al Lail.

Dianjurkan ketika Sholat Isya untuk membaca Surat Asy-Syams dan Al A'la. Sebagaimana dijelaskan, "Bacalah 'Was syamsi wad dhuhaaha (Asy Syams)' dan 'Sabbihisma rabbikal a'la (Al A'la)' atau semisalnya'." (HR Bukhari dan Muslim) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak menyarankan seorang imam Sholat Isya untuk membaca surat-surat yang panjang.

Beliau memerintahkan Muadz untuk membaca surat-surat seperti Asy-Syams, Al A’la, Al Alaq, dan Al Lail. Kemudian beliau bersabda, "Beberapa yang sholat di belakangmu sudah berusia tua, lemah, dan ada pula yang memiliki urusan untuk dilakukan." (HR Bukhari dan Muslim)

Diceritakan pula Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah berada dalam suatu perjalanan. Pada saat waktu Sholat Isya tiba, beliau mengajak sahabat-sahabat untuk sholat. Surat yang dibaca pada salah satu rakaat Sholat Isya adalah Surat At-Tin. (HR Bukhari dan Muslim)

Allahu a'lam bishawab

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini