Share

17 Menu Buka Puasa Rumahan yang Enak dan Menggugah Selera Makan

Nadila Qoonita, Okezone · Minggu 19 Maret 2023 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 17 298 2782886 17-menu-buka-puasa-rumahan-yang-enak-dan-menggugah-selera-makan-MXryGuTmT4.jpg 17 Menu Buka Puasa Rumahan (Foto: Cookpad)
A A A

17 Menu Buka Puasa Rumahan dalam artikel ini bisa menjadi inspirasi memasak di rumah. Apa saja menu tersebut? Simak ulasan berikut ini. 

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan suci ini, banyak umat muslim yang melakukan puasa dari fajar hingga maghrib.

Saat berbuka puasa, banyak keluarga yang memilih untuk berbuka di rumah bersama-sama. Untuk itu, kami telah merangkum 17 menu buka puasa yang mudah dibuat di rumah dan pastinya lezat.

1. Nasi goreng

Nasi goreng adalah menu buka puasa yang praktis dan mudah dibuat di rumah. Anda bisa menggunakan nasi sisa dari hari sebelumnya dan menambahkan bumbu-bumbu seperti kecap manis, saus tiram, dan bawang putih. Tambahkan telur dan potongan daging ayam atau sayuran untuk variasi.

2. Soto ayam

17 Menu Buka Puasa Rumahan

(17 Menu Buka Puasa Rumahan, Foto: Cookpad)

Soto ayam adalah menu buka puasa yang hangat dan lezat. Anda hanya perlu merebus ayam bersama dengan rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, dan serai. Hidangkan dengan nasi putih, potongan ketupat, irisan tomat, dan seledri.

3. Ketupat sayur

Ketupat sayur adalah menu buka puasa yang sederhana namun lezat. Anda hanya perlu merebus ketupat bersama dengan sayuran seperti labu siam, kacang panjang, dan kol. Tambahkan irisan telur rebus dan bawang goreng untuk penyedap.

4. Bakso

Bakso adalah menu buka puasa yang populer di Indonesia. Anda bisa membuat bakso sendiri di rumah dengan daging ayam atau sapi yang telah dicincang halus. Sajikan bakso dalam kuah kaldu bersama dengan mie kuning dan sayuran.

5. Mie ayam

Mie ayam adalah menu buka puasa yang simpel dan enak. Anda hanya perlu merebus mie kuning dan menambahkan potongan daging ayam yang telah dimasak. Hidangkan dengan kuah kaldu, seledri, dan bawang goreng.

6. Gado-gado

Gado-gado adalah menu buka puasa yang sehat dan lezat. Anda hanya perlu merebus sayuran seperti kacang panjang, taoge, dan kol. Tambahkan irisan tahu dan telur rebus. Sajikan dengan saus kacang yang kental dan pedas.

7. Nasi uduk

Nasi uduk adalah menu buka puasa yang khas dari Jakarta. Anda hanya perlu merebus beras bersama dengan santan dan rempah-rempah seperti daun pandan dan serai. Hidangkan dengan lauk seperti ayam goreng atau sate.

8. Sate

17 Menu Buka Puasa Rumahan

(17 Menu Buka Puasa Rumahan, Foto: Cookpad)

Sate adalah menu buka puasa yang populer di Indonesia. Anda bisa membuat sate sendiri di rumah dengan daging ayam atau sapi yang telah dipotong-potong dan ditusuk. Bakar sate di atas panggangan dan sajikan dengan saus kacang.

9. Bubur ayam

Bubur ayam adalah menu buka puasa yang hangat dan lezat. Anda hanya perlu merebus beras bersama dengan ayam dan rempah-rempah seperti jahe dan daun salam. Hidangkan dengan irisan daun bawang, seledri,dan bawang goreng untuk memberikan rasa yang lebih enak.

10. Ayam goreng

Ayam goreng adalah menu buka puasa yang enak dan mudah dibuat. Anda bisa menggunakan ayam potong atau ayam utuh. Lumuri ayam dengan bumbu yang telah dicampur seperti bawang putih, garam, merica, dan kunyit. Goreng ayam hingga matang dan kecoklatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

11. Sup kambing

Sup kambing adalah menu buka puasa yang kaya akan protein dan gizi. Anda hanya perlu merebus potongan kambing dengan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, dan merica. Tambahkan sayuran seperti wortel dan kentang untuk variasi.

12. Sayur asem

17 Menu Buka Puasa Rumahan

(17 Menu Buka Puasa Rumahan, Foto: Cookpad)

Sayur asem adalah menu buka puasa yang segar dan sehat. Anda hanya perlu merebus sayuran seperti kacang panjang, jagung, dan melinjo dengan bumbu-bumbu seperti asam jawa, gula merah, dan garam. Sajikan dengan nasi putih.

13. Martabak

Martabak adalah menu buka puasa yang khas dari Indonesia. Anda bisa membuat martabak sendiri di rumah dengan adonan tepung, telur, dan sayuran seperti wortel dan kol. Goreng martabak hingga matang dan sajikan dengan saus sambal.

14. Tempe mendoan

17 Menu Buka Puasa Rumahan

(17 Menu Buka Puasa Rumahan, Foto: Cookpad)

Tempe mendoan adalah menu buka puasa yang enak dan mudah dibuat. Anda hanya perlu menggoreng tempe setelah dicelupkan dalam adonan tepung dan bumbu-bumbu seperti kecap manis, bawang putih, dan cabai.

15. Pempek

Pempek adalah menu buka puasa yang khas dari Palembang. Anda bisa membuat pempek sendiri di rumah dengan adonan ikan tenggiri dan tepung sagu. Goreng pempek hingga matang dan sajikan dengan saus cuko yang pedas dan asam.

16. Es buah

Es buah adalah menu buka puasa yang segar dan sehat. Anda bisa menggunakan buah-buahan segar seperti semangka, melon, apel, dan jeruk. Potong buah menjadi kecil-kecil dan tambahkan sirup atau susu kental manis untuk rasa yang lebih manis.

17. Kolak

Kolak adalah menu buka puasa yang manis dan lezat. Anda bisa menggunakan pisang, ubi, atau ketela sebagai bahan utama. Rebus buah dengan santan, gula merah, dan daun pandan. Sajikan kolak dalam keadaan hangat atau dingin.

Itulah 17 menu buka puasa yang mudah dibuat di rumah dan pastinya lezat. Selamat mencoba dan semoga dapat menambah keberkahan di bulan suci Ramadan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini