Share

4 Makanan Khas Yaman yang Lezat, Cocok buat Menu Sahur dan Buka Puasa

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2023 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 17 301 2783200 4-makanan-khas-yaman-yang-lezat-cocok-buat-menu-sahur-dan-buka-puasa-z9Df04ArIX.jpg Nasi mandhi khas Yaman. (Foto: Gulf News)

MAKANAN khas Arab termasuk Yaman sangat populer di Indonesia. Sekarang ini banyak sekali pilihan restoran-restoran Arab khususnya di Jakarta. Menu yang disajikan pun sangat menggugah selera.

Arab dan Yaman punya hubungan emosional dengan Indonesia karena sama-sama negara mayoritas Muslim. Hal ini juga terpengaruh pada kuliner.

Makanan khas Yaman paling terkenal di Indonesia adalah nasi mandhi. Bahkan masyarakat Indonesia banyak yang sudah bisa membuat sendiri nasi mandhi karena ada bumbu praktis yang dijual di pasar.

 BACA JUGA:

Makanan Yaman selain lezat juga pasti halal karena Yaman yang dijuluki Negeri Para Wali sangat kuat kultur Islamnya.

Berikut sederet makanan khas Yaman, cocok juga buat menu sahur dan buka puasa di bulan suci Ramadhan.

1. Nasi Mandhi

Kelezatan nasi mandhi tak perlu diragukan lagi. Keberadaannya bahkan sangat mudah ditemui di Indonesia. Nasi mandi merupakan perpaduan antara daging domba yang direbus terlebih dahulu dengan bumbu, kemudian air rebusan daging ini digunakan untuk memasak nasi.

Ilustrasi

Nasi mandhi

Buat Anda yang kurang menyukai daging domba, Anda bisa menggantinya dengan ayam.

 BACA JUGA:

2. Tharid

Tharid berasal dari kata Arab yang berarti campuran. Hidangan ini menggabungkan banyak jenis makanan menjadi satu porsi yang lezat.

 Ilustrasi

Tharid

Tharid terdiri dari sayuran, daging, serta potongan-potongan roti yang dicampur. Makanan yang sudah menjadi standar hidangan Yaman ini dapat dinikmati dengan sepotong roti yang digunakan untuk mengambil sayuran atau daging di dalamnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Salta

Salta adalah sup tradisional Yaman bahkan menjadi makanan pokok masyarakat Yaman. Hidangan ini dimasak dengan tomat dan bawang putih.

Saltah cocok dinikmati dengan roti. Rasakan sensasi empuk dari roti yang dikombinasikan dengan aroma bawang putih, tomat, dan sedikit rasa getir yang menantang.

 Ilustrasi

4. Shafoot

Hidangan lokal tradisional ini terbuat dari yoghurt dan memiliki rasa asam dan gurih yang lezat. Basis hidangan ini adalah roti yang direndam dalam yoghurt. Berbagai macam sayuran dan daging cincang pun turut melengkapi makanan ini. Yoghurt sangat mendominasi hidangan ini sebagai perantara menyatukan semua bahan lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini