Share

Dear Traveler, Begini Cara Hindari Bayar Penalti saat Batalkan Reservasi Hotel!

Farid Maulana Faqih, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2023 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 17 406 2783168 dear-traveler-begini-cara-hindari-bayar-penalti-saat-batalkan-reservasi-hotel-t4zKgedoo2.jpg Kamar hotel. (Foto: Leelaholidays)

MEMBATALKAN pemesanan hotel atau restoran secara sepihak biasanya akan dikenakan penalti atau denda yang harus dibayar. Besarannya tergantung yang ditetapkan oleh pihak hotel atau restoran. Tapi, ada cara praktis untuk menghindari pembayaran ini.

Sebagian restoran dan hotel memiliki periode pembatalan gratis, seperti misalnya Anda bisa membatalkan reservasi tanpa dikenakan biaya apapun hingga 24 jam sebelum waktu yang ditentukan.

Namun, jika membatalkannya setelah periode tersebut, maka Anda akan dikenakan biaya yang cukup mahal, yang secara otomatis diambil dari kartu kredit yang telah didaftarkan pada pemesanan.

 BACA JUGA:

Berita baiknya adalah, ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Melansir dari News.com.au, Minggu (19/3/2023), John Liang, seorang influencer keuangan membagikan cara untuk mencegah pembayaran denda jika membatalkan pesanan hotel atau restoran lewat peretasan sederhana di internet.

Anda dapat melakukannya dengan cara memindahkan tanggal pemesanan ke masa yang akan datang yang biasanya masih dalam jangka waktu pembatalan gratis, lalu melakukan pembatalan tanpa dikenakan biaya apapun.

 

Sebelum memindahkan reservasi, ada baiknya untuk membaca dengan teliti informasi kecil pada pemesanan Anda, karena tidak semua hotel atau restoran akan mengizinkan Anda untuk melakukannya tanpa biaya.

 BACA JUGA:

Richard Goodall, seorang pakar perjalanan sekaligus direktur pelaksana sistem perhotelan EPOS, PowerEpos, menjelaskan cara untuk menghemat biaya akomodasi yang dikenal dengan lindung nilai hotel.

Tarif akomodasi dapat berfluktuasi cukup tinggi, tergantung pada waktu pemesanan, maka disarankan untuk memeriksa harga sebelum berangkat agar Anda masih bisa memiliki pilihan yang luas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seringkali hotel mengalami kekosongan kamar yang tidak terjual habis, sehingga mereka akan memberikan diskon besar-besaran dengan pemberitahuan yang lebih singkat. Oleh karena itu, pada umumnya terdapat penawaran menarik yang dapat ditemukan pada saat-saat terakhir.

Namun, meskipun penawaran akhir menarik itu dapat ditemukan, tidak ada kepastian bahwa jika Anda memesan di akhir akan mendapatkan kamar murah yang Anda inginkan.

 Ilustrasi

Dengan demikian, memesan kamar yang paling murah yang tersedia sebelumnya memastikan bahwa Anda memiliki pilihan alternatif penginapan jika Anda gagal mendapatkan penawaran di menit-menit terakhir.

Namun, hal ini juga memungkinkan Anda untuk membatalkan reservasi Anda sebelumnya dan memanfaatkan kamar yang lebih terjangkau, jika tersedia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini