Share

Dijuluki Kota Pisang, Begini Asal-mula Nama Lumajang

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2023 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 17 408 2783015 dijuluki-kota-pisang-begini-asal-mula-nama-lumajang-jW8v2oAeeK.jpg Ranu Regulo di Lumajang, Jawa Timur. (Foto: indonesia-tourism.com)

MENGULAS asal-mula nama Lumajang. Kabupaten di Jawa Timur ini dijuluki sebagai Kota Pisang karena banyak terdapat jenis-jenis pisang yang enak. Tapi, pisang paling terkenal dari Lumajang adalah pisang agung yang ukurannya besar.

Lumajang yang terletak di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur juga punya beragam tempat wisata alam yang populer, seperti Gunung Semeru, Ranu Kumbolo, Ranu Pane, Air Terjun Tumpak Sewu, Gunung Wayang, Coban Pelangi, dan lainnya.

 BACA JUGA:

Lantas, dari mana asal usul nama Lumajang?

Dilansir dari laman resmi Kabupaten Lumajang, nama Lumajang berasal dari kata "Lamajang". Pada masa Kerajaan Kediri (abad XII), Lamajang merupakan wilayah dari Kerajaan Kediri yang sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai penjuru Nusantara.

 

Kala itu mereka yang datang ke Lamajang kebanyakan melakukan ritual upacara persembahyangan juga untuk memperdalam agama Hindu yang pada masa itu berkembang pesat di wilayah Kerajaan Kediri.

 BACA JUGA:

Menurut catatan sejarah, Lamajang menjadi sentra agama Hindu pada masa itu. Dikarenakan daerah tersebut berada di lereng Gunung Semeru, yang mana disebutkan di dalam Kitab Tantu Pagelaran, bahwa Dewa Shiwa bersama dengan Dewa Brahma dan Dewa Wishnu memindahkan puncak Gunung Mahameru di India ke atas Pulau Jawa.

Kala itu kondisi pulau tersebut masih terombang-ambing di lautan luas, dan sering berguncang serta kemudian puncak Gunung Mahameru tersebut sekarang dikenal dengan nama Gunung

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Semeru juga diyakini sebagai tempat bersemayamnya para Dewa. Maka dari itulah, Pura Mandhara Giri Semeru Agung yang berada di Lumajang dan diyakini oleh Umat Hindu sebagai Pura yang dituakan se Asia Tenggara. Sebab mereka yakin, dahulu merupakan tempat persembahyangan yang berada di lereng Gunung Semeru.

Kini Lumajang menjadi salah satu wilayah cukup terkenal di Indonesia. Di mana Kabupaten ini dikelilingi tiga gunung berapi yaitu, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan. Dari ketiga gunung berapi tersebut masih aktif tersebut.

 Ilustrasi

Gunung Semeru mendapat prioritas pemantauan lebih dibanding yang lainnya, karena seringnya terjadi aktivitas gunung berapi yang membahayakan masyarakat sekitarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini