Share

7 Daftar Obat Maag untuk Bantu Redakan Gejala Mual dan Muntah

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2023 19:00 WIB
$detail['images_title']
pilihan obat maag untuk atasi mual dan muntah, (Foto: Freepik)

Maag tak ditampik jadi salah satu masalah seputar sistem pencernaan yang sangat familiar dialami banyak orang sehari-hari.

Terkesan sepele, tapi nyatanya maag bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maag juga tidak boleh dibiarkan tanpa perawatan dan pengobatan, karena bisa berkembang jadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Gejala maag tidak bisa dianggap sepele, termasuk perut kembung hingga mual dan muntah. Ada beberapa sejumlah obat maag yang ampuh untuk membantu meredakan beberapa gejala seperti sakit perut, mual hingga muntah.

Obat-obat berikut juga cukup mudah didapatkan di apotek-apotek terdekat. Berikut diantaranya, dihimpun dari Alodokter dan K24, Minggu (19/3/2023).

1.Mylanta: Punya kandungan alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida yang berguna untuk menetralkan asam lambung. Selain itu, obat maag satu ini juga mengandung simethicone yang bisa bantu meredakan kembung. Tersedia dalam bentuk tablet dan cair.

Obat ini perlu dikonsumsi 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan dan menjelang tidur. Sebagai catatan penting, sebaiknya tidak dikonsumsi terus menerus selama lebih dari 2 minggu, kecuali jika disarankan oleh dokter.

2. Sanmag: Obat ini hadir dalam bentuk suspensi (sirup), sehingga mudah untuk dikonsumsi tapi ada juga yang tablet. Kandungan simetikon, magnesium trisilkat, dan aluminium hidroksida di dalamnya disebut ampuh untuk mengatasi masalah kelebihan asam lambung, contohnya maag, tukak lambung, dan tukak usus.

3. Gastrucid: Salah satu obat yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi gejala karena maag dan kondisi kelebihan asam lambung lainnya. Bentuknya tablet kunyah dan sirup dan tergolong obat yang tidak perlu resep dokter.

4. Polysilane: Bisa jadi salah satu alternatif untuk menstabilkan masalah produksi asam lambung berlebih, seperti maag. Sama seperti beberapa obat pereda maag sebelumnya, hadir bentuk tablet kunyah dan sirup. Namun perlu diingat, obat ini disebut punya efek samping bisa menyebabkan sembelit dan diare karena kandungan aluminium dan magnesium di dalamnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Lansoprazole: Termasuk dalam obat generik yang digunakan untuk mengatasi masalah kelebihan asam lambung, misalnya tukak lambung dan maag kronis. Lansoprazole sendiri termasuk Proton Pump Inhibitor yang dapat menghambat produksi asam lambung berlebih. Mengingat kategorinya sebagai obat keras, penggunaan Lansoprazole harus menggunakan resep dokter ya!

6. Antasida Doen: Obat maag dengan kandungan alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. Kedua antasida ini bekerja dengan cara menetralkan asam lambung. Obat maag bentuk tablet kunyah dan sirup yang bisa dibeli tanpa resep dokter di apotek, bisa dikonsumsi hingga 4 kali sehari, setiap setelah makan dan sebelum tidur.

7. Lanpracid kapsul: Kandungan bahan aktif lansoprazole dalam obat ini, dikatakan efektif untuk menurunkan produksi asam lambung. Dengan begitu, gejala akibat peningkatan asam lambung bisa mereda dan asam lambung tidak akan naik ke saluran tenggorokan.

Obat ini bisa jadi pilihan untuk mengatasi maag yang sudah berlangsung lama, sering kambuh, dan seirng menyebabkan asam lambung naik. Obat maag ini umumnya dipakai orang dengan sakit tukak lambung, GERD, atau esofagitis erosif.

1
2