Share

Semakin Memanas dan Provokatif, Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Terbang Sejauh 800 Km

Susi Susanti , Okezone · Minggu 19 Maret 2023 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 19 18 2783798 semakin-memanas-dan-provokatif-korut-kembali-tembakkan-rudal-balistik-terbang-sejauh-800-km-cOwmY4cPP2.jpg Korut kembali tembakkan rudal balistik (Foto: KCNA via KNS)
A A A

PYONGYANG - Korea Utara (Korut) pada Minggu (19/3/2023) meluncurkan rudal balistik yang dicurigai menjadi yang terbaru dari serangkaian tindakan provokatif yang dikecam oleh tetangganya sebagai ancaman perdamaian di wilayah tersebut.

Di hari yag sama, menurut militer Korea Selatan, pembom strategis Amerika Serikat (AS) juga  mengambil bagian dalam latihan udara bersama dengan pasukan Korea Selatan pada Minggu (19/3/2023).

Latihan tersebut menampilkan pembom strategis B-1B AS, pesawat tempur siluman F-35A dari Angkatan Udara Korea Selatan dan pesawat tempur F-16 dari Angkatan Udara AS, dan merupakan bagian dari latihan bersama Freedom Shield.

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang dan tentara Korea Selatan, rudal itu diluncurkan tak lama setelah pukul 11.00 waktu setempat.

Dikutip CNN, rudal itu mencapai ketinggian maksimum sekitar 50 km (31 mil) dan terbang sejauh sekitar 800 km (497 mil).

Menurut militer Korea Selatan, rudal itu ditembakkan dari daerah Dongchang-ri di provinsi Pyongan Utara di Korea Utara dan mendarat di laut antara Semenanjung Korea dan Jepang.

Setelah mendarat, Penjaga Pantai Jepang memperingatkan semua kapal untuk menunggu informasi lebih lanjut; untuk tidak mendekati benda jatuh; dan melaporkan sesuatu yang mencurigakan.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan militer telah memperkuat pengawasan dan kewaspadaan dalam persiapan peluncuran tambahan sambil mempertahankan postur kesiapan penuh melalui kerja sama yang erat dengan Amerika Serikat (AS).

Berita itu mengikuti serangkaian uji coba rudal oleh Korea Utara, termasuk peluncuran rudal balistik jarak jauh pada hari Kamis ketika para pemimpin dari Korea Selatan dan Jepang bertemu di Tokyo, dan penembakan dua rudal jelajah dari kapal selam dan dua rudal jarak pendek. rudal balistik beberapa hari sebelumnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baik pemerintah Jepang dan Korea Selatan mengutuk keras peluncuran rudal hari Minggu, yang mereka katakan sebagai pelanggaran yang jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Peluncuran berulang Pyongyang mengancam perdamaian dan keamanan Jepang, kawasan dan komunitas internasional," kata kementerian pertahanan Jepang dalam sebuah pernyataan.

Tes terbaru Pyongyang bertepatan dengan latihan militer bersama musim semi antara Amerika Serikat dan Korea Selatan – latihan perang terbesar yang telah dilakukan sekutu dalam lima tahun.

Menjelang latihan Perisai Kebebasan selama 11 hari, Korea Utara telah mengancam akan mengambil tindakan balasan terberat terhadap plot paling kejam dari AS dan para pengikutnya.

Peluncuran rudal balistik pada Minggu (19/3/2023) terjadi sehari setelah Korea Utara mengklaim sekitar 800.000 warganya telah secara sukarela bergabung atau mendaftar ulang di militer negara untuk berperang melawan Amerika Serikat.

Surat kabar negara Rodong Sinmun melaporkan pada Sabtu (18/3/2023) bahwa sekitar 800.000 pelajar dan pekerja di seluruh negeri pada Jumat (17/3/2023) saja menyatakan keinginan untuk mendaftar atau mendaftar ulang di militer untuk melawan Amerika Serikat.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menuduh Amerika Serikat dan Korea Selatan meningkatkan ketegangan dengan latihan militer tersebut.

Korea Utara sering menanggapi apa yang dilihatnya sebagai "provokasi" oleh AS dengan membuat ancaman perang. Para ahli mengatakan bahwa selain latihan militer bersama dan pertemuan minggu ini antara Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan pemimpin Jepang Fumio Kishida, ada pengecualian terhadap rencana Presiden AS Joe Biden untuk menjamu Yoon dan istrinya di Gedung Putih bulan depan.

Kunjungan kenegaraan itu akan menjadi yang kedua dari kepresidenan Biden, menggarisbawahi hubungan erat antara AS dan Korea Selatan, dan akan berlangsung pada 26 April. Yoon yang konservatif dan pemerintahannya telah menjadikan penguatan aliansi AS-Korea Selatan sebagai prioritas utama kebijakan luar negeri. Biden telah berusaha untuk memelihara hubungan tersebut, termasuk dengan penanda simbolis perjalanannya ke Seoul pada Mei 2022, perhentian pertamanya dalam perjalanan pengukuhannya ke Asia sebagai presiden.

Leif-Eric Easley, seorang profesor di Ewha Womans University di Seoul, mengatakan kepada CNN baru-baru ini bahwa sebagai tanggapan atas latihan dan pertemuan puncak, Pyongyang mungkin memerintahkan penembakan rudal dengan jarak yang lebih jauh, mencoba peluncuran satelit mata-mata, mendemonstrasikan mesin berbahan bakar padat, dan bahkan mungkin melakukan uji coba nuklir.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini