Share

Menko Airlangga: Kawasan Indonesia-Pasifik Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Safina Asha Jamna , Okezone · Minggu 19 Maret 2023 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 19 320 2783913 menko-airlangga-kawasan-indonesia-pasifik-pendorong-pertumbuhan-ekonomi-l2AtCfYKdn.jpg Menko Perekonomian Airlangga (Foto: Dok Kemenko Perekonomian)
A A A

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berkomitmen mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di kawasan Indo-Pasifik dan ASEAN.

Komitmen tersebut terwujud dalam berbagai upaya Indonesia menjalin hubungan baik dan menguatkan kerja sama ekonomi secara bilateral maupun multilateral, termasuk keterlibatan Indonesia dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF).

“Indo-Pasifik adalah wilayah pendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Airlangga dalam Indo-Pacific Chamber of Commerce and Industry Business Forum, sebagaimana dikutip Antara, Minggu (19/3/2023).

Lebih lanjut Airlangga mengatakan bahwa keterlibatan pemangku kepentingan yang proaktif adalah inti dari kerangka kerja baru, dan negara-negara anggota IPEF menyadari peran pentingnya dalam menciptakan kondisi yang membuat sektor swasta dapat turut serta mewujudkan transformasi ekonomi.

“Ada harapan besar bagi IPEF untuk memberikan manfaat nyata bagi bisnis, konsumen, investor, dan pekerja di seluruh kawasan Indo-Pasifik,” kata Airlangga.

Indonesia bertekad untuk memastikan bahwa IPEF memberikan manfaat penuh dari sisi penciptaan lapangan kerja, membangun ekosistem inovasi, hingga meningkatkan produktivitas untuk pertumbuhan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Indonesia juga bekerja untuk memastikan IPEF memobilisasi sumber daya dan kemampuan untuk mempercepat jalur transisi yang adil dimana tidak ada masyarakat, atau ekonomi, yang tertinggal.

Airlangga juga mengatakan bahwa pelaku usaha berperan penting dalam mewujudkan transformasi ekonomi regional.

Untuk itu, seluruh anggota IPEF juga bekerja untuk memastikan IPEF mengirimkan sinyal kuat untuk meningkatkan investasi di seluruh kawasan.

“Mitra bisnis dan mitra IPEF, Anda dapat mengandalkan Indonesia. Ini saatnya untuk kerangka kerja baru, untuk keterlibatan ekonomi regional,” katanya. 

Pada akhir penjelasannya, Airlangga juga menyampaikan peran Indonesia yang tengah memegang Keketuaan ASEAN tahun 2023 dan mengatakan bahwa sentralitas ASEAN penting dan krusial dalam kawasan Indo-Pasifik dan saat ini adalah momentum yang memberikan peluang besar.

“Jadi, mari kita buat hari ini dimana Indonesia memimpin ASEAN dan Amerika Serikat memimpin APEC,” kata Menko Airlangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini