Share

Menteri Basuki: Biaya Renovasi Jakarta Lebih Mahal Dibanding Bangun IKN

Safina Asha Jamna , Okezone · Minggu 19 Maret 2023 23:36 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 19 470 2783947 menteri-basuki-biaya-renovasi-jakarta-lebih-mahal-dibanding-bangun-ikn-5U5T17tsH5.jfif IKN Nusantara (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat bahwa biaya bangun Ibu Kota Nusantara (IKN) tak sebesar renovasi Jakarta.

Diketahui, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan timur dikarenakan tekanan penduduk yang sangat besar.

Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa hal itu karena urbanisasi yang masif dan kerusakan lingkungan di Pulau Jawa, khususnya Jakarta.

Adapun perkiraan dana untuk pembangunan IKN tembus Rp600 triliun. Angka ini sebesar 20% atau sekitar Rp120 triliun dari total kebutuhan dana tersebut didanai oleh APBN.

.Dia menjelaskan daya dukung Jakarta sebagai ibu kota negara sangatlah terbatas. Mulai dari ketersediaan air baku, penduduk, pengembangan ekonomi, transportasi dan lain-lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau kita ingin improve Jakarta dari segala hal, at all cost jauh lebih mahal daripada mengembangkan IKN Nusantara. Di samping itu, Pemerintah Indonesia juga ingin lebih memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Basuki dalam pernyataan tertulisnya.

Mengusung konsep Future Smart Forest City, fokus pembangunan IKN Nusantara seluas 256.000 ha tersebut, pada tahap awal 2022-2024 ada pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seluas 1.600 ha (25%) dari total luas KIPP sebesar 6.600 ha.

Baca Selengkapnya: Ternyata Biaya Renovasi Jakarta Lebih Mahal Dibanding Bangun IKN

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini