Share

Bukan Cuma Fisik, Kesehatan Mental Penting Dijaga saat Puasa

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2023 05:00 WIB
$detail['images_title']
puasa dan kesehatan mental, (Foto: Freepik)

SELURUH umat Muslim di dunia saat ini tengah bersemangat menanti datangnya bulan suci Ramadhan tahun ini, yang sudah di depan mata.

Menyambut Ramadhan, banyak persiapan yang biasanya dilakukan. Salah satu yang utama ialah kesehatan fisik, karena akan berpuasa selama satu bulan lamanya. Tapi ternyata,  menjalankan ibadah puasa, seperti diungkap dokter spesialis gizi, dr. Tirta Prawita Sari Sp.GK, M.Sc, tak hanya asupan dan pola makan yang sehat serta bergizi yang penting. Tapi kesehatan mental jadi salah satu yang terpenting untuk menjalani rangkaian ibadah selama Ramadhan.

"Menyiapkan mental itu sangat penting saat puasa," ujar dr. Tirta saat webinar Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, bertajuk Tetap Sehat dan Beraktivitas di Bulan Puasa beberapa waktu lalu.

Dokter Tirta menerangkan, mindset atau pola pikir jangan dianggap sepele karena ketika menjalankan ibadah puasa. Sehatnya pola pikir seseorang ini akan berpengaruh terhadap mental, fisik, serta kesehatan lainnya secara menyeluruh. Jika pikiran sehat, maka menjalankan semua ibadah pun akan menjadi lebih mudah.

"Apa yang kita pikirkan itu adalah apa yang kita siapkan. Apa yang kita berikan, selama kita tidak mendapatkan pada saat berbuka. Harus memastikan diri sendiri untuk mendapatkan hasil yang optimal agar lebih sehat," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rpa)