Share

Sejarah PO Bersama Kosub: Berawal dari Jualan Pisang Hingga Punya Puluhan Bus

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 19 Maret 2023 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 19 52 2783837 sejarah-po-bersama-kosub-berawal-dari-jualan-pisang-hingga-punya-puluhan-bus-4U9fzSvVCK.jpeg PO Bus Bersama Kosub. (Foto: Instagram/@antowafiq)

JAKARTA – Perusahaan Otobus (PO) Bersama Kosub memiliki kisah inspiratif ketika awal mula merintis bisnis di dunia transportasi darat. Sang pemilik PO bus membagikannya dalam video di kanal YouTube Bus Sukabumi Bogor.

PO Bersama Kosub merupakan angkutan antar kota yang populer di jalur Bekasi-Bogor. Bus ini juga memiliki ciri khas, yaitu bus berwarna putih dengan aksen hijau dan memiliki logo pisang pada hampir setiap armadanya.

Bukan tanpa alasan, logo pisang menandakan bahwa dahulu pemilik perusahaan ini adalah seorang penjual pisang. Pemilik PO Bersama Kosub adalah Haji Sarnas yang memasang gambar pisang karena tak ingin melupakan masa perjuangannya dahulu sebelum sukses.

“Kita dulu kan jualan pisang. Namanya di pasar kita kan pisang tiap hari ambil dari orang bayarnya tuh baru 3 bulan baru dapat uang akhirnya kan kesulitan keuangan,” kata H. Sarnas dalam unggahan video di kanal YouTube Bus Sukabumi Bogor.

Sejarah PO Bersama Kosub juga tidak lepasdari kesulitan keuangan yang dialami H Sarnas sehingga membuka usahakoperasi serba usaha bersama.

Baru pada tahun 1965, PO ini memiliki satu armada yang melayani trayek Cileungsi-Bogor. Satu armada ini pun diperoleh dengan modal nekat karena tidak punya uang.

“Dapat dari ikut lelang di Bank Dagang Indonesia. Dulu kita belom ada uang, tiba-tiba dapet tapi kita nggak punya uang tapi berani ikut lelang,” ujar H Sarnas.

PO Bersama Kosub juga sempat merajai rute Bekasi-Jakarta-Bogor. Namun, seiring dengan persaingan yang semakin ketat, PO ini tergerus perkembangan zaman.

Terkait dengan jalur regular, PO ini hanya melayani trayek Cibinong-Tanjung Priok dan Cibinong-Kampung Rambutan dengan mengandalkan bus premium.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Meski berjalan tersendat, PO ini masih tetap eksis dan memanfaatkan loyalitas masyarakat Bogor untuk melayani wisata dan layanan lainnya. Sedangkan kondisi armada mobil ini nampak terawat dengan brand bernama Wisata.

Sekadar informasi, PO ini cukup legendaris di Bogor. Menariknya, bus Bersama Kosub dianggap sebagai armadanya juga kerap dikatakan bus kuburan karena kerap digunakan oleh penyewa untuk berwisata ziarah kubur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini