Share

Tak Sembarangan, Berikut Cara Aman Melewati Polisi Tidur dengan Sepeda Motor

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 19 Maret 2023 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 19 87 2783878 tak-sembarangan-berikut-cara-aman-melewati-polisi-tidur-dengan-sepeda-motor-mqeVmN6xm9.jpeg Ilustrasi polisi tidur. (Foto: Instagram/@edorusia)

JAKARTA – Keberadaan polisi tidur atau speed trap berguna untuk memperingatkan kendaraan agar mengurangi kecepatannya. Tapi, ada cara tepat untuk melewati polisi tidur dengan sepeda motor agar tidak mengalami hal yang tak diinginkan.

Meski efektif untuk memperingatkan pengguna jalan mengurangi keceptan, keberadaan polisi tidur juga mengancam pengendara yang melintas, terutama yang tidak hati-hati dan memacu mobil dengan kecepatan tinggi. 

Ketika mengendarai sepeda motor, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat di jalan adalah keberadaan polisi tidur. Jika tidak dilalui dengan hati-hati, polisi tidur bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Polisi tidur biasanya ada di jalanan yang ramai seperti persimpangan, juga pemukiman padat penduduk untuk menghindari pengendara sepeda motor yang melaju kencang karena kondisi jalan tersebut ramai pejalan kaki. Berikut tips melewati polisi tidur dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta:

1. Perhatikan tanda-tanda polisi tidur

Pengendara perlu mengenali jalan yang terdapat polisi tidur, sehingga mudah mengantisipasi dari kejauhan. Tanda-tanda polisi tidur bisa berupa garis warna kuning atau papan polisi tidur dengan cat putih atau kuning.

2. Kurangi kecepatan

Setelah mendekati polisi tidur, pastikan untuk melambatkan kecepatan kendaraan.kurangi kecepatan secara berkala dan tidak mengerem secara mendadak. Pengereman yang mendadak sangat bahaya untuk dilakukan, terutama ketika melewati polisi tidur.

Lakukan pengereman sebelum melewati polisi tidur, lepas rem sesaat ketika mau melewatinya dan buka gas kembali saat roda belakang sudah melewati polisi tidur.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Ambil posisi berkendara yang tepat

Pastikan posisi Anda ketika berkendara sudah tepat setelah melewati polisi tidur. Posisi yang tepat perlu diakukan agar ketika terjadi guncangan, tidak rawan jatuh. Posisi yang tepat adalah dengan tubuh yang nyaman dan kedua tangan menggenggam setang dengan tenaga yang cukup.

Posisi tepat adalah ketika kedua kaki bertumpu pada footstep motor. Pastikan kedua lutut juga mengapit tangki motor jika menggunakan motor sport. Jika menggunakan motor matik, pastikan posisi kaki berada dalam dek.

4. Pastikan motor lurus

Ketika melewati polisi tidur, pastikan roda motor berada dalam kondisi lurus. Jangan melewati polisi tidur dengan ban yang agak ke samping karena berbahaya dan rawan tergelincir jika kondisi jalanan sedang licin.

5. Pastikan sepeda motor dalam kondisi baik

Langkah berikutnya adalah pastikan sepeda motor dalam kondisi baik. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kendaraan prima saat digunakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini