Share

Jaga Kesehatan Kaki, Jangan Pernah Lepas Sepatu di Pesawat!

Farid Maulana Faqih, Jurnalis · Minggu 02 April 2023 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 31 406 2790854 jaga-kesehatan-kaki-jangan-pernah-lepas-sepatu-di-pesawat-1lJVvRDpZK.jpg Penumpang lepas sepatu di pesawat. (Foto: Daily Mail)

KETIKA naik pesawat, sebaiknya penumpang tidak melepaskan sepatu. Selain karena lebih sopan mengingat kadang bau kaus kaki bikin penumpang lain tak nyaman bahkan mual, ada alasan kesehatan yang perlu diperhaikan.

Seorang pramugari asal Amerika Serikat, Leysha Perez mengungkapkan alasan penting bagi orang-orang untuk menjaga kebersihan kaki saat penerbangan, terlebih saat ke toilet pesawat.

Menurutnya, cairan yang terlihat di lantai toilet pesawat kadang-kadang bukanlah air, melainkan cairan yang tidak sehat untuk diinjak.

"Kadang-kadang bukan air yang Anda lihat di lantai kamar mandi, mungkin cairan tubuh yang Anda masuki," katanya seperti dilansir dari Mirror, Sabtu (1/4/2023).

Pramugari lain juga sependapat dan meminta agar penumpang tetap memakai sepatu di pesaway demi kepentingan bersama.

 

Menurutnya, urine dapat terdeteksi di lorong-lorong di dalam sepatu penumpang dan kemudian menyerap ke dalam kaus kaki penumpang.

Seorang pramugari merasa tidak nyaman dan mengatakan bahwa berjalan di dalam pesawat tanpa alas kaki atau bahkan hanya dengan kaus kaki saja terasa menjijikkan.

 BACA JUGA:

Sebelumnya, Jagdish Khubchandani, seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas New Mexico State, memberitahu The Huffington Post bahwa cairan yang ditemukan di lantai toilet pesawat bukanlah air.

"Dalam penerbangan berdurasi panjang, saya telah memperhatikan orang-orang - sering kali, anak-anak - berjalan tanpa alas kaki menuju atau ke kamar mandi," katanya.

"Ini adalah kecenderungan yang sangat tidak higienis dengan potensi infeksi jika seseorang memiliki luka dan cedera pada kaki mereka." 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Beberapa maskapai penerbangan telah meningkatkan jadwal pembersihan dan protokol kebersihan selama pandemi virus corona. Namun, menjaga kebersihan kamar mandi pada pesawat yang terbang mungkin sulit dilakukan oleh semua maskapai penerbangan.

Baru-baru ini, seorang pramugari membagikan pengalamannya tentang kesulitan menjaga kebersihan di pesawat komersial di Reddit. Meskipun ia tidak dapat berbicara untuk semua stasiun dan maskapai penerbangan, ia bekerja pada shift penutup untuk sementara waktu.

"Kami akan mendapatkan enam RON (menginap semalam) setiap malam dan, setelah menurunkan penumpang dan bagasi, kami akan: membersihkan dapur dan lav secara menyeluruh, menyedot debu di lantai, membersihkan sandaran kursi, dan mengelap meja baki dengan disinfektan.”

 Ilustrasi

"Ingat: kecuali jika ini adalah penerbangan pertama pada hari itu, ada banyak orang - mungkin beberapa penerbangan - di pesawat itu juga, dan tidak ada cukup waktu di siang hari untuk melakukan lebih dari sekadar memungut sampah.”

"Namun, pesawat dibersihkan setiap malam, dan pesawat yang singgah di hub dibersihkan secara menyeluruh oleh kontraktor profesional.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini