Share

7 Destinasi Wisata Cantik di China yang Jarang Terekspose, Pesonanya Mengagumkan

Farid Maulana Faqih, Jurnalis · Minggu 02 April 2023 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 31 408 2790883 7-destinasi-wisata-cantik-di-china-yang-jarang-terekspose-pesonanya-mengagumkan-BDi4ZkMzTC.JPG Bentang alam Guilin di Guangxi, China. (Foto: iStock/Getty Images via CNN)

CHINA sudah kembali membukakan pintu pariwisatanya untuk dunia, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengurutkan kembali daftar impian perjalanan dan mulai merencanakan traveling.

Sempat menjadi destinasi wisata yang populer di seluruh dunia sebelum pandemi, China telah menarik perhatian para wisatawan internasional ke destinasi populer, seperti Kota Terlarang di Beijing, Prajurit Terakota di Xi'an, dan penelitian panda raksasa di Chengdu.

Tapi, ternyata ada begitu banyak destinasi wisata yang belum terkenal di China menyajikan berbagai keunikan dan pemandangan spektakuler. Wisatawan dari luar sangat layak mengeksplorasi daerah ini.

 BACA JUGA:

Melansir dari CNN Travel, berikut detinasi wisata di China yang belum begitu populer tapi daya tariknya sangat luar biasa.

1. Jingdezhen

Dikenal sebagai pusat porselen dunia, kota Jingdezhen telah memproduksi keramik berkualitas tinggi selama lebih dari 1.700 tahun.

Pengunjung dapat mengunjungi situs pembakaran bersejarah yang telah menghasilkan karya porselen indah selama berabad-abad, beberapa di antaranya bahkan dimiliki oleh keluarga kekaisaran.

 Ilustrasi

Jingdezhen, China (Adobe Stock/CNN)

Pengrajin dari seluruh dunia datang ke Jingdezhen untuk mencari inspirasi dan membeli keramik di toko-toko dan pasar kota ini. Banyak lokakarya terbuka untuk umum, dan beberapa bahkan menawarkan demonstrasi tentang proses pembuatannya.

Untuk mengenal sejarah porselen di Jingdezhen, Anda dapat mengunjungi Jingdezhen Imperial Kiln Museum of Chine yang baru dibangun dan sangat menarik untuk di foto.

 BACA JUGA:

Sementara itu, beberapa seniman dan pengusaha telah memberikan energi baru ke kota tua ini dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu pusat kreatif yang sedang naik daun adalah Tao Xi Chuan, atau yang lebih dikenal dengan Ceramic Art Avenue.

Terletak di bekas pabrik keramik yang tutup, Ceramic Art Avenue kini menjadi rumah bagi beberapa museum, teater, pasar akhir pekan, serta studio dan toko. Bagi penggemar antik, Pasar Hantu di kota ini juga menarik dikunjungi.

2. Changsha

Ibu kota provinsi Hunan yang telah dinobatkan sebagai kota paling bahagia di Tiongkok selama 16 tahun berturut-turut oleh Forum Tahunan China Happy Cities.

Keberhasilan ini dijelaskan oleh kehidupan malam yang meriah dan beragamnya makanan kaki lima.

 Ilustrasi

Changsha (Adobe Stock/CNN)

Wisatawan dapat mencicipi tahu hitam dan kepala ikan yang disajikan dengan topping duo jiao di Pozijie. Lalu, pelancong dapat melanjutkan perjalanan ke Huangxing South Road, di mana mereka akan disambut papan iklan dan papan neon yang mengagumkan.

 BACA JUGA:

Wisata lain yang dapat dikunjungi di Changsha termasuk Kuil Gulushan yang bersejarah dan Pusat Kebudayaan dan Seni Internasional Changsha Meixihu yang dirancang oleh arsitek futuristik Zaha Hadid.

Kota ini juga dijuluki sebagai kota influencer terpopuler di Tiongkok, yang memikat beberapa wisatawan domestic muda selama beberapa tahun terakhir.

Sexy Tea menjadi salah satu alasan kota ini menjadi populer. Minuman ini memiliki dikenal di seluruh negeri, sehingga banyak orang yang rela antre berjam-jam untuk menikmati minuman terkenal ini di sebuah toko pop-up di kota Shenzhen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Guangxi

Dengan pemandangan yang memukau dan acara budaya yang unik, wilayah otonomi selatan Guangxi menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Saat Festival Song tiba, pengunjung dapat menikmati acara yang berlangsung selama beberapa hari dimulai pada hari ketiga bulan ketiga dalam kalender Imlek (pada tahun 2023, festival ini jatuh pada tanggal 22 April).

Festival ini sangat penting bagi beberapa kelompok etnis, seperti suku Zhuang, yang menampilkan lagu-lagu daerah atau lagu pegunungan, makan nasi ketan, dan tarian bambu.

Jika Anda ingin menyaksikan salah satu perayaan Song Festival terbesar, maka District Wuming adalah tempat yang harus Anda kunjungi.

 

Saat Anda berada di Guangxi, Sanjiang County juga direkomendasikan untuk dikunjungi, tempat ini merupakan rumah bagi beberapa jembatan kayu yang paling indah di dunia.

Disebut fengyu qiao (jembatan angin dan hujan), jembatan ini dibangun tanpa paku dan sering kali memiliki paviliun dan beranda bertingkat yang rumit.

Jembatan Chengyang adalah salah satu jembatan Fengyu yang paling terkenal di Sanjiang.

4. Linhai

Walaupun masih kurang dikenal di luar Tiongkok, kini Linhai semakin populer di kalangan pecinta kuliner karena menjadi kampung halaman dari jaringan restoran terkenal, Xin Rong Ji.

Xin Rong Ji dibuka sekitar dua puluh tahun yang lalu di Linhai, sebuah kota kecil di pesisir Taizhou, provinsi Zhejiang.

Kini, jaringan restoran ini memiliki beberapa puluh cabang di seluruh Tiongkok, termasuk restoran bintang tiga Michelin pertama di Beijing dan cabang bintang dua di Shanghai.

Ilustrasi

 Linhai China (CNN)

Namun, tidak ada yang bisa mengalahkan keaslian Xin Rong Ji. Beberapa hidangan yang harus dicoba termasuk anemon laut yang direbus dengan mie ubi jalar dan ikan pita perak yang digoreng hingga renyah.

Secara umum, kuliner Taizhou terkenal dengan hidangan seafood yang penuh dengan umami dan jajanan pinggir jalan yang gurih dan kaya karbohidrat, seperti mie maixia (udang gandum) dan kue rumput laut.

Wisatawan dapat meluangkan waktu untuk menikmati keindahan kota yang telah berdiri lebih dari 2.000 tahun ini. Arsitektur yang indah dari berbagai dinasti dapat disaksikan di Jalan Tua Ziyang dan Taman Donghu (Danau Timur).

5. Aba

Sebuah wilayah yang terletak di provinsi Sichuan ini memiliki gelar “hidden gem terbaik” selama dua tahun berturut-turut, melalui survei online.

Salah satu objek wisata lainnya yang dapat dikunjungi adalah Taman Nasional Gletser Dagu. Wilayah ini merupakan salah satu gletser termuda dan terindah di dunia, yang terletak di Heishui County.

Kabupaten Jinchuan juga menawarkan pemandangan menakjubkan dengan lautan bunga pir salju yang tumbuh di setiap musim semi.

6. Chaoshan

Wilayah Chaoshan di provinsi Guangdong bagian timur adalah surga bagi para pencinta makanan, seperti angsa rebus, ikan dingin, bakso sapi, dan kue beras.

Chaoshan juga terkenal dengan jenis teh Oolong bernama Dancong yang disajikan dengan upacara Gong Fu.

 Ilustrasi

Selain itu, pengunjung dapat mengunjungi arsitektur dan kuil-kuil tua di Kota Kuno Chaozhou yang juga menarik untuk dikunjungi.

7. Quanzhou

 Quanzhou beserta situs maritim bersejarahnya dinobatkan mejadi salah satu destinasi Tiongkok terbaru dalam Daftar Warisan Dunia Unesco (2021).

Sebagai kota pelabuhan Jalur Sutra Maritim yang penting selama abad ke-10 hingga ke-14, kota ini memiliki landmark yang menunjukkan perkembangan berbagai budaya dan agama di daerah tersebut.

Kuil Kaiyuan, dibangun pada tahun 686, adalah kuil Buddha terbesar di Fujian dan memiliki banyak relief langka dari agama Hindu. Artefak-artefak ini diyakini berasal dari kuil Hindu di Quanzhou yang masih ada hingga saat ini.

Sistem Emporium Song-Yuan Quanzhou adalah situs UNESCO yang mencakup bangunan administratif, tengara religius, dan jaringan transportasi. Situs ini merefleksikan masa lalu kota Quanzhou yang penuh warna.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini