Share

Mau Jadi Guru? Ini Jurusan Sepi Peminat di Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 02 April 2023 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 31 65 2790832 mau-jadi-guru-ini-jurusan-sepi-peminat-di-fakultas-ilmu-pendidikan-unnes-KKXgAYtcgE.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Fakultas ilmu pendidikan merupakan fakultas tertua dan menjadi cikal bakal berdirinya kampus UNNES. Dulunya, Fakultas Ilmu Pendidikan bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang (IKIP Semarang).

Dan akhirnya di tahun 1999, IKIP Semarang berubah menjadi UNNES. Fakultas ini menjadi salah satu fakultas yang memiliki banyak peminat di UNNES. Namun ada beberapa jurusan yang berpeluang besar dan sepi peminat di FIP UNNES. Berikut jurusan sepi peminat di Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES.

 BACA JUGA:

Pendidikan Luar Sekolah

Jurusan ini akan mempelajari banyak hal tentang pendidikan non-formal dan pendidikan masyarakat dengan tujuan mempersiapkan para lulusan yang bisa berkompetisi dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Prospek kerja dari lulusan ini beragam.

Di antaranya dapat menjadi pendidik untuk berbagai bidang pendidikan atau menjadi wirausaha yang mendirikan lembaga pendidikannya sendiri. Peluang untuk dapat lolos di jurusan pendidikan luar sekolah UNNES ini cukup besar. Dilihat dari jumlah daya tampung tahun 2023, jurusan ini menerima 30 orang. Sedangkan, peminat jurusan ini sebanyak 206 orang pada tahun 2022.

Pendidikan Guru - Pendidikan Anak Usia Dini

Jurusan ini akan memberikan mahasiswanya pemahaman tata cara mengajar, melatih, membimbing, dan mendidik anak usia dini. Mahasiswa PG-PAUD akan mempelajari beragam ilmu seperti Ilmu Psikologi, Ilmu Kesehatan, bahkan Seni dan Musik.

Lulusan dari jurusan ini tentunya bisa menjadi pendidik, pengelola lembaga pendidikan, dan juga peneliti di bidang anak usia dini. Persaingan untuk masuk ke jurusan ini tidak terlalu ketat. Karena jumlah pendaftar di SNBT tahun lalu sebanyak 293, sementara daya tampungnya 38 kursi pada tahun ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Fokus dari jurusan ini adalah menghasilkan lulusan dalam tiga konsentrasi, yaitu pengembang kurikulum dan pembelajaran, pengembang teknologi pembelajaran, dan pendidik dan tenaga kependidikan bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan multimedia.

Beberapa prospek kerja yang bisa dijalankan oleh lulusan ini ialah menjadi pengembang kurikulum pendidikan, pengembang teknologi pendidikan, dan tenaga pendidik di bidang teknologi informasi. Daya tampung pada tahun 2023 di jurusan ini sebanyak 30 kursi, dengan peminat sebanyak 441 orang di SNBT 2022.

Syaula Aida Rizqiyah - Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini