Share

5 Fakta Gregoria Mariska Juara Spain Masters 2023, Nomor 1 Ukir Sejarah!

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 02 April 2023 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2023 04 02 40 2791830 5-fakta-gregoria-mariska-juara-spain-masters-2023-nomor-1-ukir-sejarah-CKhQ6kqlXY.jpg Gregoria Mariska Tunjung juara Spain Masters 2023. (Foto: Humas PBSI)
A A A

5 fakta Gregoria Mariska juara Spain Masters 2023 menarik dikulik. Sebab, pencapaian manis yang diukirnya di ajang berlevel Super 300 itu membuat Gregoria Mariska Tunjung mengukir sejarah baru juga dalam kariernya.

Ya, Gregoria sukses merebut gelar juara di Spain Masters 2023 pada Minggu (2/4/2023) malam WIB. Perjalanan sulit nan terjal harus dilalui pebulu tangkis andalan Indonesia di sektor tunggal putri itu untuk naik podium pertama.

Sederet fakta pun terdapat dalam pencapaian manis Gregoria menjuarai Spain Masters 2023. Apa saja? Berikut 5 fakta Gregoria Mariska juara Spain Masters 2023.

5. Singkirkan Sederet Pemain Top

Gregoria Mariska Tunjung

Salah satu fakta Gregoria Mariska juara Spain Masters 2023 adalah kinerja apik Gregoria di sepanjang gelaran Spain Masters 2023. Untuk menjadi juara, pebulu tangkis berusia 23 tahun itu berhasil menyingkirkan sederet pemain top.

Di babak pertama, Gregoria menyingkirkan tunggal putri andalan Skotlandia, yakni Kirsty Gilmour, dengan skor 21-19 dan 21-12. Kemudian, dia dihadapkan dengan salah satu andalan Korea Selatan, yakni Kim Ga Eun. Namun, Gregoria bisa meraih tiket ke babak perempatfinal langsung karena Kim Ga Eun memutuskan mundur.

Selanjutnya, di babak perempatfinal, Gregoria harus bertarung melawan wakil Denmark, Line Christophersen. Dia pun menang dua game langsung dengan skor 21-10 dan 21-17.

Lalu, perjalanan sulit dihadapi Gregoria di babak semifinal. Dia harus bertarung sengit melawan unggulan pertama asal Spanyol, yakni Carolina Marin. Gregoria perlu bertarung rubber game untuk mengalahkan Marin dengan skor akhir 10-21, 21-15, dan 21-10. Melihat perjalanan Gregoria yang tak mudah, dia tentunya sangat berpuas diri bisa merebut gelar juara.

4. Tampil Menggila di Final

Gregoria Mariska Tunjung

Kinerja apik Gregoria pun dilanjutkan ke babak final. Dia tampil menggila kala dihadapkan dengan pemain unggulan kedua asal India, yakni Pusarla V Sindhu.

Bermain di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Minggu (2/4/2023) malam WIB, Gregoria benar-benar membuat Sindhu tak berkutik. Dia menang dua gim langsung dengan skor telak, yakni 21-8 dan 21-8.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Revans atas Pusarla Sindhu

Pusarla V Sindhu

Pencapaian manis Gregoria di babak final membuatnya tak hanya menjadi juara, tetapi juga revans atas sederet kekalahan dari Sindhu. Sebelum laga final ini digelar, Gregoria memang tak pernah menang melawan Sindhu. Rekor pertemuannya adalah 0-7!

Kekalahan teranyar Gregoria dari Sindhu terjadi pada 2022. Berhadapan di Indonesia Masters 2022, dia kalah usai bertarung sengit tiga gim dengan skor 21-23, 22-20, dan 11-21.

Dengan kondisi itu, Gregoria tentunya tak terlalu difavoritkan menang di final Spain Masters 2023. Namun, dia berhasil menghadirkan kejutan besar dengan membalaskan kekalahan di 7 pertemuan sebelumnya pada malam tadi.

2. Akhiri Puasa Juara Sejak 2018

Gregoria Mariska Tunjung

Selain revans dari Sindhu, Gregoria juga berhasil mengakhiri puasa juaranya yang sudah berlangsung lama sekali. Terakhir kali Gregoria naik podium juara adalah pada 2018.

Gelar itu didapat Gregoria di ajang Finnish Open 2018. Kala itu, dia merebut gelar juara usai mengalahkan rekan senegaranya, yakni Ruselli Hartawan, dengan skor 21-7 dan 21-13. Setelah itu, Gregoria terus kesulitan untuk bersaing di level yang lebih tinggi.

1. Ukir Sejarah

Gregoria Mariska Tunjung

Fakta terakhir dari penampilan Gregoria di final Spain Masters 2023 adalah sejarah baru yang diukir dalam kariernya. Pasalnya, ini jadi gelar juara pertama bagi Gregoria di ajang BWF World Tour.

Performa Gregoria yang naik turun dalam beberapa tahun terakhir membuatnya kesulitan bersaing di level tinggi. Namun, dia berhasil bangkit pada tahun lalu. Di ajang Australian Open 2022, Gregoria mencapai babak final untuk pertama kalinya pada turnamen BWF Wold Tour.

Namun sayang, di final, Gregoria gagal merebut gelar juara. Dia kalah dari wakil Korea Selatan, An Se-young, dengan skor 17-21 dan 9-21.

Namun kini, Gregoria akhirnya meraih gelar juara di turnamen BWF Wold Tour. Dia tampil dengan penuh percaya diri dan mengagumkan untuk keluar sebagai pemenang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini