Share

Rian Mahendra Blak-blakan Soal Kunci Sukses PO Kencana Tarik Banyak Penumpang

Muhamad Fadli Ramadan, MNC Portal · Minggu 02 April 2023 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 04 02 52 2791821 rian-mahendra-blak-blakan-soal-kunci-sukses-po-kencana-tarik-banyak-penumpang-OzdcqUg8Gw.jpeg Rian Mahendra bersama Pramugari PO Kencana. (Foto: SC YouTube PO Kencana)

JAKARTA – Tenaga ahli PO bus Kencana Rian Mahendra buka-bukaan soal kunci sukses perusahaan otobus (PO) asal Jepara. Hal tersebut disampaikan Rian dalam kalan YouTube Kencana Indonesia.

Dalam kanal YouTube tersebut, putra pemilik PO Haryanto itu berbincang dengan dua pramugari PO Kencana, yakni Risma Tamara Putri dan Novita Nur Halimah.

Kesuksesan PO Kencana di trayek antar kota antar provinsi (AKAP) adalah sukses menarik penumpang berkat pelayanan yang diberikan.

Menurut Rian, meski bukan pemain baru, PO Kencana sukses menarik minat penumpang dengan menghadirkan pramugari untuk melayani kebutuhan penumpang.

Rian membuka percakapan dengan bertanya seperti apa tugas pramugari di dalam bus. Kedua pramugari tersebut mengatakan bahwa tugas mereka adalah mendengar keluhan penumpang dan melayani mereka di sepanjang perjalanan.

“Gua pengen ada sosok lain, selain driver sama kernet yang bisa melayani penumpang dengan baik dan semakin baik,” kata Rian, dalam unggahan video Kencana Indonesia di YouTube.

Menurutnya, persaingan di bisnis trasportasi, terutama bus, sangat keras, ia ingin ada sesuatu yang menjadi pembeda dalam hal pelayanan. Oleh karena itu, hadirnya pramugari membuat citra bus yang pada awalnya nampak menyeramkan jadi lembut.

Rian menambahkan, tugas sopir adalah fokus pada setir, kernet fokus pada armada. Ia ingin ada orang yang benar-benar fokus pada kebutuhan penumpang. Hal inilah yang kemudian mendorong pemilik PO Kencana mendatangkan pramugari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurut Rian, pramugari adalah ujung tombak perusahaan dalam menarik penumpang untuk mempercayakan perjalanan mereka pada PO Kencana.

“Makanya kalian harus ingat fungsi kalian yang pertama kali adalah melayani penumpang. Kedua menjaga kebersihan, merawat armada. Tapi, kalian juga punya tugas untuk membantu kru lain,” ucapnya.

Karena, lanjut Rian, salah satu faktor penyebab sebuah perusahaan otobus berdiri kokoh adalah pelayanan. Oleh karena itu, pelayanan yang diberikan kru bus sangat vital dalam menjaga citra perusahaan.

“Pesan gua cuma satu ke kalian, ibadahnya dijaga, karena dunia bus ini kan panas, kalian bekerja di jalan kumpul sama orang yang macem-macem karakternya,” kata Rian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini