Share
Advertisement

Misteri Ukiran Unta di Gurun Arab Ini Terungkap, Ternyata Lebih Tua dari Piramida Mesir

Tangguh Yudha , Jurnalis-Minggu 02 April 2023 19:00 WIB
Misteri Ukiran Unta di Gurun Arab Ini Terungkap, Ternyata Lebih Tua dari Piramida Mesir
Misteri Ukiran Unta di Gurun Arab Ini Terungkap, Ternyata Lebih Tua dari Piramida Mesir
A
A
A

Sebanyak 21 ukiran unta yang berukuran sangat besar di temukan di provinsi Al-Jouf di gurun barat laut Arab Saudi pada tahun 2018. Sejak penemuan itu, kehadirannya menjadi misteri besar yang berhasil menarik perhatian banyak ilmuwan.

Dan baru-baru ini, misteri tersebut akhirnya terkuak bahwa ternyata ukiran unta tersebut diperkirakan berusia sekitar 7000-8000 tahun. Kehadiran ukiran ini kemungkinan besar lebih dahulu dari pada piramida Mesir dan bahkan tumpukan batu Stonehenge yang sangat terkenal.

Karya seni yang sangat akurat dan terperinci ini diyakini menggambarkan beberapa unta selama musim kawin dengan leher menonjol dan perut bundar yang dapat menunjukkan ikatan budaya situs dengan musim atau dengan kesuburan.

Diyakini unta diukir dari alat yang terbuat dari rijang, sejenis batu yang diperkirakan dibawa ke daerah tersebut setidaknya dari jarak 14,5 kilometer (9 mil). Masing-masing diperkirakan membutuhkan waktu antara 10 dan 15 hari untuk diukir.

Di beberapa tempat, ukiran seukuran aslinya ditumpuk dua atau tiga lapis di atas satu sama lain. Para peneliti memperkirakan puluhan ukiran unta itu dibuat oleh orang Nabataean, sezaman dengan orang Romawi, melansir dari IFL Science.

Ini bisa dilihat dari ada hubungannya ukiran dengan batu pahatan di Petra, Yordania. Selain itu, tidak ada tanda-tanda tembikar atau alat logam yang ditemukan di situs tersebut menunjukan bahwa ukiran di buat pada zaman Nabataean.

Meskipun mengalami pelapukan ekstrim sebagai akibat dari kondisi gurun yang keras, ukiran tersebut masih dapat memberikan gambaran yang jelas tentang unta, dengan beberapa ukiran juga tampak seperti keledai atau kuda.

Para peneliti masih terus melakukan pendalaman untuk mengetahui lebih banyak tentang ukiran unta Arab Saudi tersebut. Mereka juga tak ketinggalan menganalisis sisa-sisa hewan di sekitar lokasi untuk mendapat informasi tambahan.

(DRA)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement