Share

Mencegah Kanker Usus Seperti yang Diidap Tina Turner, Ini Caranya!

Jum'at 26 Mei 2023 09:29 WIB
$detail['images_title']
Tina Turner (Foto: Urban Hollywood)

KABAR sedih datang dari dunia musik Hollywood. Sang legenda musik Tina Turner meninggal dunia pada Rabu kemarin di usianya yang ke-83.

Ratu Rock 'n Roll itu meninggal dunia di rumahnya di Kusnacht, Swiss. Ia meninggal akibat penyakit menahun.

 Tina Turner

Sebelumnya meninggal, Tina sakit stroke, kanker usus, bahkan ia juga mengalami gagal ginjal.

Dikutip dari Today, Tina Turner berjuang melawan kanker usus. Pada Januari 2016, ia didiagnosis menderita kanker usus, yang dia bagikan dalam memoarnya.

Dia menderita diare kronis selama berbulan-bulan sebelumnya. Kemudian ia didiagnosis menderita karsinoma dan beberapa polip ganas. Namun, tidak jelas apakah kanker usus itu bisa dihilangkan.

Sebulan kemudian, dia menjalani operasi untuk mengangkat bagian ususnya yang terkena kanker.

Lalu bagaimana cara mencegah kena kanker usus seperti yang diderita Tina Turner?

Ini cara mencegah kanker usus dilansir dari Cancer.org.

1. Skrining dini

Skrining adalah tes yang dilakukan untuk mendeteksi kanker sebelum gejalanya semakin berkembang. Pemeriksaan kolorektal juga dinilai penting karena dapat menemukan pertumbuhan polip sekaligus menghilangkannya sebelum berubah menjadi kanker. The American Cancer Society merokemendasikan skrining dini bagi mereka yang sudah berusia 45 tahun, mengingat di usia inilah kanker usus sering diderita oleh pasien.

2. Konsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian

Menurut sejumlah penelitian, peningkatan risiko kanker usus biasanya disebabkan konsumsi daging merah yang berlebihan seperti, daging sapi, babi, atau domba. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah menerapkan diet sehat. Para ahli kesehatan menganjurkan agar seseorang mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk memperlancar sistem metabolisme, sekaligus mencegah berkembangya sel kanker di dalam tubuh.

 BACA JUGA:

3. Olahraga teratur

 Jika Anda tidak aktif secara fisik, Anda memiliki peluang lebih besar terkena kanker usus besar dan rektum. Berolahraga secara teratur bisa membantu Anda mengurangi risiko tersebut. Namun, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui porsi olahraga yang tepat Anda lakukan.

 BACA JUGA:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Perhatikan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas juga diklaim dapat meningkatkan risiko dan kematian yang disebabkan oleh kanker usus besar. Untuk mengakalinya, Anda bisa memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi, meningkatkan aktivitas fisik, dan selalu mengontrol berat badan.

5. Berhenti merokok

Perlu diketahui bahwa perokok aktif memiliki risiko yang lebih besar terkena kanker usus besar dan rektum, dibandingkan bagi mereka yang tidak merokok sama sekali. Kandungan nikotin dan zat-zat lain yang terdapat pada rokok, dianggap dapat memicu berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

6. Batasi konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan juga sering dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus. The American Cancer Society menjelaskan, untuk kaum pria hanya dianjurkan meminum minuman beralkohol sebanyak 2 gelas per hari, dan 1 gelas untuk para wanita.

1
2