Share

Besok Matahari Tepat di Atas Kakbah saatnya Cek Arah Kiblat, Catat Waktunya

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2023 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 26 614 2820524 besok-matahari-tepat-di-atas-kakbah-saatnya-cek-arah-kiblat-catat-waktunya-DWJ3MNi7yE.jpg Ilustrasi matahari melintas tepat di atas Kakbah. (Foto: Reuters)
A A A

BESOK matahari tepat melintas di atas Kakbah. Momen ini bisa digunakan untuk mengecek atau verifikasi arah kiblat sholat kaum Muslimin di dunia.

Fenomena alam ini akan terjadi pada 27 dan 28 Mei 2023. Matahari melintas tepat di atas Kakbah tersebut dikenal dengan istilah Istiwa a'zham atau Rashdul qiblah.

Ilustrasi cara mengecek arah kiblat. (Foto: Kemenag.go.id)

Ketika matahari melintas tepat di atas Kakbah, bayangan semua benda yang terkena sinar matahari akan menunjuk lurus ke arah kiblat sholat.

"Rashdul qiblah bisa dimanfaatkan untuk memverifikasi arah kiblat. Peristiwa alam ini terjadi pada 27 dan 28 Mei 2022 pukul 16.18 WIB atau 17.18 Wita," jelas Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI Adib. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah," imbuhnya di Jakarta seperti dilansir Kemenag.go.id

Ia menerangkan, ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan dalam proses verifikasi arah kiblat sholat ini. Benda yang menjadi patokan wajib benar-benar berdiri tegak lurus.

"Selain itu, permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, serta jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom. Bisa juga menggunakan jam digital di ponsel masing-masing," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini