Share

Tata Cara Sholat Istikharah Beserta Niatnya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2023 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 26 616 2820579 tata-cara-sholat-istikharah-beserta-niatnya-0ZtS2AciWr.jpg Ilustrasi tata cara sholat istikharah. (Foto: Shutterstock)
A A A

TATA cara sholat istikharah. Sangat penting diketahui kaum Muslimin karena ini merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan jika seseorang berada dalam dua perkara atau pilihan penting.

Misalnya adalah pernikahan, aktivitas jual beli, dan lain-lain. Biasanya seseorang sulit menentukan pilihan. Oleh karena itu, dianjurkan menunaikan sholat istikharah agar diberikan jawaban mana yang lebih baik.

Info grafis sunah-sunah hari Jumat. (Foto: Okezone)

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam hadits riwayat Jabir Ibn Abdillah:

اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل: أللهم... (رواه البخاري)

"Jika di antara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (sholatlah) dua rakaat: kemudian berdoa …" (HR Bukhari) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tata Cara Sholat Istikharah

Sholat istikharah dilaksanakan dengan 2 rakaat kemudian salam. Berikut tata caranya secara singkat:

1. Niat sholat istikharah cukup diungkapkan dalam hati

2. Takbiratul ikhram (Allahu akbar)

3. Membaca Doa Iftitah dan Surat Al Fatihah

4. Membaca surat pendek di dalam Alquran

5. Rukuk dengan tumaninah

6. Iktidal dengan tumaninah

7. Sujud dengan tumaninah

8. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah

9. Sujud kedua dengan tumaninah

10. Kembali berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua

11. Setelah sujud kedua di rakaat kedua, lalu salam 

Doa Setelah Sholat Istikharah

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ .... خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Demikian pembahasan tata cara sholat istikharah. Biasanya jawaban sholat istikharah hadir lewat mimpi atau tiba-tiba mantap pada satu pilihan.

Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini