Share

Kenapa Nepal Dijuluki Negeri 1000 Kuil?

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2023 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 31 406 2823133 kenapa-nepal-dijuluki-negeri-1000-kuil-ePDpxf6S7l.jpg Turis di Nepal. (Foto: Shutterstock/The Kathmandu Post)

MENGULAS alasan kenapa Nepal dijuluki Negari 1.000 Kuil. Nepal termasuk salah satu destinasi liburan favorit turis di Asia Selatan. Keindahan Nepal yang dikelilingi pegunungan Himalaya mampu menyihir dunia.

Nepal memiliki bentuk pemerintahan berupa monarki konstitusional dengan kepala negara raja dan kepala pemerintahannya perdana menteri.

Negara yang berbatasan langsung dengan Himalaya besar di bagian utara ini terkenal dengan pintu gerbang gunung Everest, gunung tertinggi di dunia. Tak heran banyak para pendaki yang datang ke negara ini untuk datang ke Everest Base Camp.

Ada banyak titik pendakian yang bisa ditaklukan melalui Nepal. Mulai dari Mera Peak, Island Peak, Lhotse, Cho Oyu, Makalu, dan Kanchenjunga.

Nepal adalah surga bagi burung yang menyediakan habitat bagi ratusan spesies terbang. Tak hanya keindahan alamnya, Nepal juga memiliki keunikan dalam hal budayanya dan warganya.

Diketahui negara ini memiliki lebih dari 60 kelompok etnis tinggal di Nepal dan mereka memiliki budaya dan bahasa mereka sendiri yang berbeda.

Selain itu, negara ini juga memiliki julukan yakni negara seribu kuil.

Mengapa dijuluki demikian? Simak jawabannya berikut ini.

Kenapa Nepal Dijuluki Negeri 1000 Kuil?

Melansir dari We All Nepal, sebutan negara seribu kuil sebab keberadaan tempat ibadah tersebut sangat banyak. Bahkan mereka pun menganggap kuil sebanyak rumah dan Dewa sebanyak orang di Nepal.

Sebut saja Kuil Pashupatinath, Muktinath dan Janaki dan banyak tempat suci lainnya yang menjadi tujuan ziarah umat Hindu di seluruh dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di kawasan Lembah Kathmandu sendiri terdapat 7 kompleks kuil Hindu Buddha dengan usia ribuan tahun. Bahkan, di setiap kompleksnya terdapat puluhan sampai ratusan candi, mulai dari ukuran kecil sampai besar.

Contohnya saja, seperti Boudhanath dan Swayambhunath adalah stupa besar di dunia yang umumnya dikunjungi oleh umat Buddha. Lumbini, tempat kelahiran Buddha Gautama, guru pendiri agama Buddha yang memperkenalkan arti perdamaian di Nepal.

Ilustrasi

Lantaran banyaknya tempat peribadatan ini, UNESCO menetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia.

Di Nepal sendiri terdapat 14 zona dan 75 distrik. Setiap distrik diketahui tersebar ratusan kuil.

Itulah alasan kenapa Nepal disebut dengan Negara Seribu Kuil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini