Share

Ternyata Ini Arti Kata 'Cawe-Cawe', Istilah Gaul yang Viral di Tik Tok

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 01 Juni 2023 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 01 612 2823578 ternyata-ini-arti-kata-cawe-cawe-istilah-gaul-yang-viral-di-tik-tok-JkLZdYAcLZ.jpg Ilustrasi (Foto:Reuters)
A A A

TERNYATA ini arti kata ‘cawe-cawe’ istilah gaul yang viral di Tik Tok menarik diulas.

Salah satunya muncul istilah ‘cawe-cawe’ yang sering disisipkan dalam percakapan media sosial seperti Tik Tok. Ucapan ini ternyata memberikan stigma negatif dan terkesan tidak sopan. Alih-laih kelihatan gaul, justru akan melukai perasaan orang lain. Apalagi bila mengutarakannya kata ini kepada orang yang usianya lebih tua.

Bahasa Gaul

Melansir KBBI pada, arti kata ‘cawe-cawe’, adalah membantu mengerjakan atau membereskan sesuatu. Dalam lingkungan sehari-hari, istilah ini diartikan sebagai ikut campur masalah orang lain.

Cawe-cawe sebenarnya bermakna positif sekaligus negatif dalam satu waktu. Penilaian positif atau negatif dari kata ini tergantung konteks, situasi, dan pemaknaan dari sebuah kalimat.

Dalam konteks positig, kata cawe-cawe artinya keinginan untuk membantu masalah orang lain. Misalnya saja ada suatu masalah penting sehingga memerlukan bantuan orang lain. Seseorang yang memberikan bantuan disebut ‘cawe-cawe’.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara dalam pemaknaan negatif ‘cawe-cawe’ memiliki arti ikut campur masalah orang lain tanpa izin. Perbuatan ini tentu saja tidak etis sehingga banyak orang menilai tidak sopan.

Meski demikian, dalam percakapan di media sosial Tik Tok kata cawe-cawe memiliki arti perilaku melanggar batas. Pasalnya seseorang mencampuri urusan orang lain tanpa diminta. Sebagian besar tidak suka dengan orang yang sering ikut campur masalah orang lain.

Demikian ternyata ini arti kata ‘cawe-cawe’ istilah gaul yang viral di Tik Tok dan media sosial.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini