Share

Resep Hunkwe Nangka yang Kenyal, Segar dan Nikmat

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Jum'at 02 Juni 2023 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 298 2823873 resep-hunkwe-nangka-yang-kenyal-segar-dan-nikmat-Llp9XuE9eJ.jpg Resep Kue Hunkwe (Foto: Instagram/@linagui.kitchen)
A A A

HUNKWE merupakan tepung yang terbuat dari pati kacang hijau. Teksturnya lebih kasar daripada tepung terigu, tepung ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai hidangan penutup di Indonesia.

Tekstur dari Hunkwe ini kenyal dan lentur. Salah satu menu olahan dari hunkwe yang tak kalah lezat adalah Hunkwe Nangka, yang memadukan manisnya bubur hunkwe dengan aroma dan rasa khas dari buah nangka.

Jika Anda menyukai makanan manis yang segar, maka resep ini patut Anda coba. Ayo simak resep Hunkwe Nangka yang menggugah selera dikutip dari Instagram Linagui.kitchen, Jumat (2/6/2023).

Hunkwe

Bahan lapisan putih :

120 gr tepung hunkwe

1/2 sdm agar-agar bening swallow

265 ml santal kental instan

900 ml air

220 gr gula, sesuaikan

1/8 sdt vanili bubuk

1/2 sdt garam

2 lembar daun pandan

10 buah nangka, potong kecil-kecil

Bahan tambahan :

Pasta pandan

Cara membuat :

1. Campur semua bahan kecuali nangka, aduk sampai tercampur rata kemudian bagi adonan 3/4 bagian untuk putih dan 1/4 bagian untuk tambahkan pasta pandan

2. Masak adonan putih dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup. Kemudian langsung masak yg warna hijau pandan juga.

3. Masukkan irisan nangka pada adonan putih, aduk rata lalu tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air sebelumnya, setinggi 3/4 cetakan

4. Lapisan hijau : Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk sampi mengental dan meletup-letup. Segera tuang diatas lapisan putih. Dinginkan sampai set.

5. Selamat mencoba!

Tips: Hunkwe nangka akan lebih segar jika didinginkan terlebih dahulu di lemari pendingin. Dijamin hunkwe nangka akan lebih segar dan menggoda!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini