Share

Penggunaan MSG Bisa Jadi Strategi Diet Rendah Garam

Syifa Fauziah, Okezone · Jum'at 02 Juni 2023 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 298 2824182 penggunaan-msg-bisa-jadi-strategi-diet-rendah-garam-qHlsxzoHvS.jpg Diet rendah garam (Foto: Freepik)
A A A

MENJAGA asupan makanan dengan gizi seimbang tentu saja kunci untuk hidup sehat. Salah satu caranya dengan memperhatikan takaran gula, garam, dan lemak pada setiap masakan.

Product and Nutrition Manager PT Ajinomoto Indonesia, Katrina menjelaskan penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan hipertensi, penting untuk dicegah dengan memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tentang pembatasan asupan gula, garam, dan lemak (GGL).

Diet Rendah Garam

"Jadi sebagai penentu tren kuliner, para pelaku yang bekerja di dunia F&B harus mulai mempertimbangkan penerapan pembatasan gula, garam dan lemak untuk trend kuliner yang lebih aman bagi kesehatan dengan tetap mempertahankan unsur kelezatan dalam kreasi menu makanannya." ujar Katarina dalam keterangan resminya, Jumat (2/6/2023).

Katarina menambahkan, bahwa saat ini pihaknya sedang menggiatkan beberapa inisiatif kesehatan dan pelestarian lingkungan dengan mengkampanyekan Bijak Garam yang sejalan dengan anjuran Kemenkes RI terkait pengurangan asupan Gula, Garam, Lemak (GGL) dalam konsumsi sehari-hari.

“Melalui kampanye Bijak Garam yang sedang digiatkan ini, kamu ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi," jelasnya.

Faktanya, sambung Katrina, beberapa penelitian seperti yang dilakukan oleh Jeremia Halim et al (2020) menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam.

"Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” sambung Katrina," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini