Share

Jamaah Haji Tuna Netra Melihat Kakbah dan Masjid Nabawi dengan Hati

Maruf El Rumi, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2023 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 393 2824095 jemaah-haji-tuna-netra-melihat-kakbah-dan-masjid-nawabi-dengan-hati-soDt3To1Vl.jfif Darmiah tetap berhaji meski mata sudah tak bisa lagi melihat (Foto: MPI/Maruf)
A A A

MAKKAH - Dua jemaah haji tuna netra gembira tak terkira saat mendapat kepastian berangkat ke Tanah Suci. Penantian belasan tahun yang dilakukan seiring datangnya pemberitahuan dari Kementerian Agama (Kemenag) jika mereka berhak berangkat.

Mereka adalah Darmiah Muhammad Amin asal embarkasi Aceh (BTJ) kloter 8, dan Mohammad Soleh (77) asal Magetan, Jawa Timur. Darmiah dan Soleh sama sama memiliki keterbatasan pengelihatan meski dengan cerita berbeda.

Darmiah berusia 37 tahun. Darmiah mengalami buta sejak 6 tahun terakhir akibat penyakit glaukoma. "Saat mendaftar haji 11 tahun lalu dia masih bisa melihat," kata Darmiah asal Lhoksukon, Aceh Utara.

Dia berangkat haji bersama suami dan adiknya. Dia mendarat saat keluar dari pintu pemeriksaan Imigrasi Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) Madinah menggunakan kursi roda dan kaca mata hitam.

Saat keluar dari pesawat, Darmiah terpisah dari keluarganya. Ia sempat mencari suami dan adiknya saat berada di luar terminal bandara. Meski terpisah dari keluarga, namun Darmiah tetap didampingi petugas hingga naik dan duduk di dalam bus yang akan mengantarnya ke hotel tempatnya.

Ditanya tentang perasaannya, Darmiah berharap bisa mendapatkan haji mabrur. "Semoga jadi haji mabrur, sehat badan," ujarnya lirih.

Tunanetra lainnya adalah Mohammad Soleh (77). Seorang tukang pijat tunanetra asal Magetan, Jawa Timur, menjadi salah satu jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci bersama istrinya Putinah.

"Saat anak-anak masih sekolah, muncul niat kalau anak-anak sudah lulus kuliah, dan jika tanah yang saya punya masih ada, saya akan menjualnya untuk daftar haji," ujarnya.

Mbah Soleh mengalami tunanetra sejak lahir. Pada 1977 atau 46 tahun lalu, dia mengalami kecelakaan akibat ledakan bohlam lampu dan kena dua mata saya. "Kedua mata saya rusak parah hingga sampai saat ini saya tidak bisa melihat lagi, ” katanya.

Sempat tertunda dua tahun karena pandemi Covid, Mbah Soleh bersama istri tercintanya berangkat tahun ini. Dengan hasil tukang pijat, Mbah Soleh tiba di Tanah Suci. Mbah Darmiah dan Mbah Soleh menunaikan haji untuk melihat Kakbah dan masjid Nabawi dengan hati.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini