Share

Cuaca Makkah 41 Derajat, Jamaah Haji Diminta Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Widya Michella, Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2023 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 398 2824072 cuaca-makkah-41-derajat-jamaah-haji-diminta-kurangi-aktivitas-di-luar-ruangan-fSgFApcuuI.jpg Kakbah (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Akhmad Fauzin menyampaikan, kondisi cuaca yang sangat panas pada penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M di Arab Saudi. Tercatat suhu mencapai 26-40 derajat celsius di Madinah, sementara di Makkah mencapai 31-41 derajat celcius.

Diketahui, ada 7.082 orang atau 46 kloter yang diberangkatkan ke Mekah pada hari ini. Mereka diberangkatkan usai melaksanakan ibadah Arbain, dari Madinah menuju Makkah dan akan menjalani ibadah umrah di Masjidil Haram.

"Temperatur kota Makkah yang lebih panas para jamaah khususnya jamaah lanjut usia untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mengindahkan anjuran pemerintah untuk menjaga kesehatan, mengurangi aktivitas di luar hotel dan masjid dan istirahat yang cukup," kata Akhmad dalam keterangannya secara daring, Jumat (2/6/2023).

Jamaah haji Indonesia diminta untuk selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki bila akan keluar hotel. Terutama guna menghindari kaki melepuh.

"Jangan memaksakan diri pulang ke hotel tanpa sendal di siang hari segera temui petugas dan minta bantuannya," kata dia.

Tak lupa, dia pun mengingatkan agar jamaah untuk selalu membawa dan meminum air mineral dan oralit 1 sachet per hari.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau kepada seluruh jemaah ketika beribadah di Masjid Nabawi untuk tetapmemperhatikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, catat nama nomor pemondokan sebelum berangkat masjid Nabawi dan masjidil haram.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kedua, selalu mengenakan identitas pengenal terutama gelang jemaah dan tidak melakukan penukaran tukar-menukar dengan jamaah lain. Hal ini dikarenakan gelang merupakan identitas sebagai pengganti paspor.

"Upayakan selalu berkelompok dan jangan memisahkan diri dari rombongan. selalu saling bantu tolong menolong antar jemaah, jangan sungkan-sungkan untuk minta bantuan kepada petugas selama di embarkasi pesawat, di kota Madinah maupun kota Makkah," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari sistem informasi dan komputerisasi Haji terpadu atau (siskohat) jamaah dan petugas yang sudah tiba di kota Madinah 53.627 orang atau 139 kelompok terbang kloter. Untuk hari ini ada sebanyak 7.001 orang jamaah dan petugas yang masuk asrama haji.

Terkait jamaah sakit dan wafat, terdapat 93 jamaah sakit yang terdiri dari 33 jemaah yang dirawat inap dan 35 orang rawat jalan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Kemudian, 25 jamaah dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini