Share

Deretan Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Hana Wahyuti , Jurnalis · Jum'at 02 Juni 2023 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 470 2823958 deretan-kota-dengan-biaya-hidup-termurah-di-indonesia-dPfQ6JNEV2.jpg Biaya hidup termurah di Indonesia (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Sebagian besar orang memilih daerah dengan biaya hidup rendah untuk menekan pengeluaran. Berbeda dengan tinggal Kota Besar yang memerlukan biaya besar.

Terdapat beberapa kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia menjadi rekomendasi melanjutkan kehidupan. Lantaran menjadi salah satu pertimbangan banyak orang untuk bertahan hidup.

Lantas kota mana saja yang dikategorikan sebagai kota dengan biaya hidup murah? Berikut 7 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia melansir dari berbagai sumber:

1. Yogyakarta

Biaya hidup di Yogyakarta terkenal sangat murah. Terbukti banyak orang memilih tinggal di Yogyakarta supaya tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Dalam satu bulan di Yogyakarta cukup mengeluarkan uang Rp1 - Rp1,5 juta saja. Harga kos di Yogyakarta bisa mencapai Rp300 - Rp700 ribuan saja.

2. Solo

Solo menjadi kota di Jawa Tengah dengan biaya hidup rendah mulai dari makan, minum, hingga transportasi. Dengan biaya Rp1,5 juta saja seseorang sudah bisa tinggal di kota ini selama satu bulan. Di Kota Solo kita masih bisa menemukan satu porsi makanan seharga Rp5.000.

3. Cirebon

Berikutnya ada Kota Cirebon dengan biaya hidup ramah di kantong. Tidak sedikit orang yang memilih tinggal di Cirebon supaya tidak mengeluarkan biaya hidup besar. Cukup mengeluarkan uang Rp1,5 - Rp2 juta sudah dapat bertahan hidup di kota ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Banyuwangi

Bila dibandingkan dengan Ibu Kota Jakarta jelas Banyuwangi jauh lebih murah. Jika satu keluarga yang terdiri dari 4 orang menghabiskan biaya Rp7,5 juta di Jakarta, sementara di Banyuwangi cukup mengeluarkan biaya Rp3 jutaan saja.

5. Metro

Meski menjadi salah satu kota besar di Lampung, tinggal di Kota Metro tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Biaya hidup di Metro sekitar Rp3 jutaan saja. Harga sewa tempat tinggal di Kota Metro sekitar Rp4 juta/tahun.

6. Kudus

Kota penghasil kretek terbesar di Indonesia ini memiliki biaya hidup termurah di Indonesia. Biaya sewa tempat tinggal di kota ini sekitar Rp3.7 jutaan saja. Sementara, harga sewa perbulan antara Rp250 - Rp300 ribu per bulan.

7. Purwokerto

Biaya hidup di Purwokerto sekitar Rp2 jutaan saja, Di Kota Mendoan ini kita masih bisa menemukan harga sewa kamar kos Rp300 - Rp500 ribu per bulan saja.

Demikian 7 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini