Share

Jelang Liga 1 2023-2024, Persib Bandung Gelar Tes Medis Sebelum Lakukan Latihan Perdana

Miftahul Ghani, iNews · Jum'at 02 Juni 2023 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 49 2824229 jelang-liga-1-2023-2024-persib-bandung-gelat-tes-medis-sebelum-lakukan-latihan-perdana-0Qa3LHqIfC.jpg Persib Bandung bakal lakukan tes medis sebelum lakoni latihan perdana di musim ini. (Foto: Instagram/persib)
A A A

BANDUNG Persib Bandung akan memulai persiapan menyambut Liga 1 2023-2024. Untuk itu, Persib menggelar tes medis terlebih dahulu sebelum memulai latihan perdana.

Rencananya, tes medis akan dilaksanakan pada Sabtu 3 Juni 2023 dan Minggu 4 Juni 2023. Setelah itu barulah para pemain Persib akan menggelar latihan perdana pada Senin 5 Juni 2023.

Menurut pemaparan Dokter Persib, Mochamad Rafi Ghani, tes medis itu dilakukan sebagai salah satu syarat bagi pemain untuk bisa tampil di Liga 1 2023-2024. Terlebih, kompetisi kasta tertinggi di tanah air itu akan mulai dilangsungkan pada 1 Juli 2023.

"Harus ada (tes medis) sebelum mulai latihan dan sebelum mulai kompetisi. Setiap pemain harus di tes kesehatan langsung, ada formulir dan data yang harus diisi. Nanti kita serahkan ke bagian medic di PSSI dan PT LIB (Liga Indonesia Baru)," kata Rafi Ghani, Jumat (2/6/2023).

Persib Bandung

Rafi Ghani melanjutkan, banyak tahapan yang harus dilalui para pemain dalam menjalankan tes medis ini. Mulai dari darah, urine, otot hingga tulang.

"Banyak, mulai dari darah, urine, terus rekam jantung, fungsi hati, fungsi ginjal, semuanya. Sama musculus sceletal, itu merupakan otot dan tulang di tes semua," bebernya.

Rafi Ghani memastikan tidak butuh waktu lama untuk bisa mendapatkan hasil tes medis tersebut. Jika tes medis dilakukan pagi hari, maka sore hari sudah didapatkan hasilnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Tapi kalau banyak gini (pemainnya), perlu waktu dua sampai tiga hari. Kita dampingi terus tim kesehatan dari kita, jadi kalau ada apa-apa bisa ketahuan pas medical check-up," jelasnya.

Namun, Rafi Ghani memastikan tes medis ini tidak akan diikuti seluruh pemain. Beberapa di antaranya masih harus absen karena masih berada di kampung halamannya masing-masing.

"Ada beberapa yang nyusul, kita lagi data dulu yang besok siapa dan tanggal 4 siapa. Terus ada yang juga menyusul," katanya.

Persib Bandung

Sementara mengenai pemain asing anyar Persib yakni Tyronne Gustavo del Pino Ramos, dia belum bisa memastikan keikutsertaan untuk bisa menjalani tes medis.

"Dari daftarnya belum ada, belum lihat. Tapi gak tahu kalau besok tiba-tiba datang," tutup Rafi Ghani.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini