Share

Deretan Mobil VW Kodok Unik Hasil Modifikasi, Ada yang Jadi Mobil Balap

Anjasman Situmorang, Okezone · Jum'at 02 Juni 2023 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 52 2824285 deretan-mobil-vw-kodok-unik-hasil-modifikasi-ada-yang-jadi-mobil-balap-pmXnW0Lh9c.png VW Beetle JP Performance. (Foto: tuningblog)

JAKARTA - Mobil Volkswagen Beetle atau di Indonesia dikenal juga dengan sebutan VW kodok merupakan kendaraan ikonik dalam sejarah. Pada awalnya mobil ini bernama Volkswagen Type 1 yang diperkenalkan tahun 1965 silam.

Sejak peluncurannya, mobil Beetle atau Bug sangat populer dengan empat tempat duduk dan penampilannya yang menarik. Namun belakangan dia juga hadir dengan seat untuk dua penumpang saja.

Kendaraan ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mobil rakyat ukuran kecil dengan harga terjangkau. Setelah melewati 5 dekade, VW kodok pun akhirnya berhenti produksi pada tahun 2019 lalu.

Meski sudah tak produksi lagi, mobil klasik ini tetap menjadi incaran bagi penggemar otomotif dengan berbagai alasan.

Tidak sedikit dari mereka yang membeli mobil VW Beetle untuk dikostumisasi menjadi model yang berkelas dan luar biasa.

Berikut ini beberapa mobil VW kodok yang unik hasil modifikasi, dikutip dari CARHP, Kamis (1/6/2023).

1966 VW Beetle Custom Convertible

Salah satu yang mencolok dari mobil ini adalah interiornya yang merah terang dengan bodi luar hitam pekat. Pada bagian kabin, jok di bagian dalam menggunakan ultra leather premium yang dibungkus sama dengan semua permukaannya.

Kemudian untuk setirnya menggunakan unit Budnik dengan tombol klakson kustom dan dilengkapi sistem audio aftermarket yang memiliki konektivitas Bluetooth. Rodanya menggunakan unit Budnik Gasser dengan ban Yokohama S Drive.

1966 VW Beetle Custom Convertible (Foto: barrett-jackson)

Hasil modifikasi ini tetap menggunakan transmisi manual sistem 4-percepatan. Mobil ini dapat dipacu 0-60 mph atau 0-96 km per jam bisa dicapai lebih dari 10 detik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

VW Beetle dengan mesin Subaru

Seorang pemiliki VW Beetle mengubah mesin mobilnya menjadi bertenaga Subaru Boxer. Hal ini dilakukannya karena sangat senang dengan mobil VW kodok sekaligus Subaru.

Daripada membelinya satu per satu, dia kemudian menanamkan mesin tersebut ke mobil VW miliknya.

VW Beetle mesin Subaru. (Foto: roadandtrack).

Tak tanggung-tanggung, dia mengubah mobil itu ala-ala racing dengan jok balap khusus dilengkapi sabuk pengaman lima titik dan setir balap.

Mobil ini memiliki roda BBS ring berwarna merah yang dilapisi ban semi licin. Pada bawah kap terdapat mesin Subaru EJ20 H-4 2.0 liter turbocharged yang dapat menghasilkan tenaga 377 horse power. Hal ini membuatnya mampu mencapai kecepatan 0-96 km per jam kurang dari 7 detik.

VW Beetle bertenaga Volvo

Mobil hasil modifikasi ini terlihat seperti hiu martil dari bagian depan. Hal ini juga yang membuat pemilik menyebutnya sebagai hammerhead. Mobil VW ini dikustomisasi dengan memotong lubang untuk mengakomodasi suspensi custom made yang lebih lebar bersamaan dengan roda lebar.

VW Beetle Volvo. (Foto: autoevolution)

Pada bagian interior terdapat dua jok balap dilenglapi pengaman Spocoro, setir, dan speedometer Volvo. Kemudian di bawah kap mesinnya terdapat powertrain Volvo I-5 2.0 liter turbocharged yang menghasilkan lebih dari 500 horse power.

VW Beetle JP Performance

Mobil modifikasi ini lebih terkesan modern dan berkelas. Hasil garapan JP Performance dan Prior Design ini menggunakan wide-body kit lengkap dengan powertrain Audi.

VW Beetle JP Performance. (Foto: tuningblog)

Mobil ini juga telah menggunakan sirkulasi udara, suar roda yang besar ala Le Mans, dan splitter depan. Pada bagian sampingnya mengusung konsep side skirt dan di belakang disematkan sayap GT besar.

Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 400 hp dengan sistem gearbox manual 6-percepatan. Performa yang cukup luar biasa untuk sekelas mobil VW Beetle.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini