Share
Advertisement

Netizen Indonesia Mudah Terprovokasi? Ini Dia Alasannya

Tim Okezone , Jurnalis-Jum'at 02 Juni 2023 18:33 WIB
Podcast Kamseupay (Foto: Roov.id)
Podcast Kamseupay (Foto: Roov.id)
A
A
A

Kalian sering lihat bukan jika sedang menggunakan sosial media, banyak netizen berkomentar yang seakan-akan paling tahu dengan kebenaran berita tersebut? Bahkan, di saat mereka sudah tahu bahwa berita tersebut hoax atau bohong, mereka masih kekeh dan bilang bahwa berita itu benar adanya.

Apalagi, kebanyakan dari berita hoax memiliki judul yang provokatif. Berita hoax biasanya diambil melalui suatu media, kemudian penulis berita tersebut mengubah-ubah isi berita, sehingga dapat menimbulkan persepsi yang sesuai dengan pembuat berita hoax. Menurut Dosen Psikologi Media, Laras Sekarasih, PhD, mengatakan bahwa “Orang lebih cenderung percaya hoax jika informasinya sesuai dengan opini atau sikap yang dimiliki. Misal seseorang memang sudah tidak setuju terhadap kelompok tertentu, produk, atau kebijakan tertentu. Ketika ada informasi yang dapat mengafirmasi opini dan sikapnya tersebut, maka ia mudah percaya.”

Netizen

Selain itu, minat baca masyarakat Indonesia yang masih sedikit juga berdampak pada hal ini. Banyak orang yang berkomentar negatif atau percaya dengan berita hoax dikarenakan tidak membaca isi keseluruhan berita, tetapi hanya membaca judulnya saja. Namun, walau bagaimanapun judul tidak bisa menceritakan isi sepenuhnya. kalian harus membaca isi dari keseluruhan berita agar tidak mendapatkan informasi yang salah dan dapat berkomentar dengan bijak.

Selain membaca isi berita secara keseluruhan, jangan lupa untuk mencari kebenaran dari berita yang dibaca. Melakukan hal ini dapat membuat kita tidak salah menyampaikan informasi ke orang lain. Bahkan, jika orang lain sudah mempercayai berita hoax tersebut, kita dapat memberitahu mereka tentang kebenarannya.

Pada kali ini, Musdalifah Basri (Ifah) dan Bocah Cikarang bernama Boah Sartika bakal ngobrolin tentang julidan netizen yang makin hari tidak masuk akal. Ngomong-ngomong tentang hujatan netizen, baru-baru ini Kiki Saputri dihujat karena ngeroasting seseorang. Meskipun perkataan netizen sangat kelewatan, tapi Kiki Saputri justru membalas hujatan tersebut dengan cara yang unik. Kiki justru mentransfer sejumlah uang untuk membungkam mulut netizen.

Podcast Kamseupay

Pasti penasarankan, dengan obrolannya. Kalian bisa mendengarkan obrolan selengkapnya hanya Live Podcast Kamseupay Eps. Suara Netizen Makin Gak Make Sense! pada Jumat, 2 Juni 2023 pukul 20.00 WIB di Audio+ bagian dari RCTI+ (embed dengan utm link). Jangan lupa juga untuk download aplikasi RCTI+ di App Store dan juga Google Play Store ya!

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement