Share

Intip Cara Hidup Hemat ala Miliarder Jonathan Sanchez, Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

Safina Asha Jamna , Okezone · Jum'at 02 Juni 2023 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 06 02 622 2824099 intip-cara-hidup-hemat-ala-miliarder-jonathan-sanchez-jangan-lakukan-5-hal-ini-TbHjf4T724.jpg llustrasi hidup hemat. (Foto: Freepik)
A A A

JAKARTA - Jonathan Sanchez merupakan seorang miliarder mandiri berusia 39 tahun yang kekayaannya berasal dari pendapatan pasif melalui investasi real estat dan bisnis keuangan pribadinya.

Melansir CNBC, Jonathan mengaku kalau membangun aliran pendapatan pasif tersebut dilakukan karena ia ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya.

 BACA JUGA:

Dia mengatakan bahwa dengan membangun aliran pendapatan pasif memungkinkannya untuk bekerja lebih sedikit dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan istri dan kedua anaknya.

Tak hanya itu, ia juga mengungkap kalau hidup hemat dan menabung juga sangat membantu.

Menurutnya, hidup hemat bukanlah tentang menghabiskan lebih sedikit atau hanya membeli barang-barang yang murah saja, tetapi tentang menjadi lebih berhati-hati dan tidak boros.

 BACA JUGA:

Dirangkum Okezone, Jumat (2/6/2023) berikut 5 hal yang dilakukan Jonathan Sanchez untuk hidup hemat.

1. Tidak membeli mobil baru

 

Menurut Jonathan, mobil sering kehilangan sekitar 60% dari harga aslinya dalam lima tahun pertama.

Karena itu ia tidak pernah menghabiskan uangnya untuk membeli mobil-mobil keluaran terbaru. Terlebih, premi asuransi mobil baru biasanya juga lebih mahal daripada mobil bekas. Hal tersebut membuatnya lebih memilih untuk membeli mobil bekas.

2. Tidak membeli barang fast fashion

Selain mobil baru, Jonathan juga tidak menghabiskan uangnya untuk membeli pakaian baru dari fast fashion. Ia hanya membeli barang baru ketika barang lamanya sudah tidak memungkinkan untuk digunakan.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Membeli makanan secukupnya

Jonathan mengatakan dirinya sangat berhati-hati dalam membuat daftar belanja bahan makanan yang dibutuhkan. Ia juga tidak suka membuang makanan yang bisa disimpan untuk hari berikutnya.

4. Tidak membeli produk investasi berkualitas rendah

Berhemat bukan berarti membeli barang apapun dengan harga yang murah. Menurut Jonathan, tidak ada gunanya mengorbankan kualitas hanya untuk beberapa rupiah saja. Membeli barang investasi seperti sofa, kulkas, dan kasur dengan kualitas baik yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama lebih baik dibanding membelinya dengan harga murah tetapi harus terus menerus menggantinya karena kualitas yang buruk.

5. Tidak membuang waktu

Hal paling penting yang dilakukannya adalah tidak pernah membuang-buang waktu. Jonathan bercerita kalau hal favorit yang suka ia lakukan adalah merawat rumput-rumput di rumahnya. Tetapi hal tersebut sangat melelahkan dan memakan banyak waktu.

Karena itu, dia mulai menyewa orang untuk merawat rumputnya seminggu sekali dan ia menggunakan waktu ekstra itu untuk dihabiskan bersama keluarganya. Menurutnya, membayar orang untuk melakukan sesuatu sangat bernilai karena itu dapat memberikan anda waktu untuk melakukan hal lain yang lebih bermakna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini